PENGARUH METODE PEMBELAJARAN JIGSAW TERHADAP KEMAMPUAN MEMAHAMI MAKNA PUISI PRISMATIS EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 5 KARAWANG

SALMAN AL FARIZI, . (2011) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN JIGSAW TERHADAP KEMAMPUAN MEMAHAMI MAKNA PUISI PRISMATIS EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 5 KARAWANG. Sarjana thesis, UNJ.

[img] Text
SKRIPSI SALMAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Elvis at the Hop merupakan karya dari Scott Henderson. Scott Henderson merupakan gitaris fusion yang memiliki gaya komposisi dan improvisasi yang tidak dimiliki oleh gitaris lain. Permainan gitarnya sarat dengan nuansa jazz, blues, dan rock. Elvis at the Hop merupakan karyanya yang beraliran fusion dengan nuansa blues yang kental. Nuansa blues terdapat pada progresi akornya sedangkan nuansa fusion terdapat pada melodi dan voicing yang digunakan. Dalam karya tersebut, Scott Henderson menggunakan banyak scale dan modes di atas progresi standard jazz blues. Penelitian ini menggali hubungan scale dan modes dengan akor yang digunakan Scott Henderson pada karya Elvis at the Hop. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif melalui studi pustaka dan wawancara. Sistematika penulisan meliputi pengumpulan, pengolahan, dan menganalisis data aspek scale dan modes pada Elvis at the Hop karya Scott Henderson. Hasil dari peninjauan karya mendapatkan bahwa karya tersebut terdiri dari scale dan modes yang beragam antara lain symetrical scale (half whole scale, whole half scale, kromatik scale), altered modal scale (Lydian dominant mode, lydian augmented mode, superlocrian mode, locrian 2#), dan blues scale di atas progresi akor jazz blues. Penggunaan scale-scale tersebut memberikan kesan outside. Hasil dari penelitian pada karya Elvis at the Hop dapat dijadikan refrensi bagi mahasiswa yang ingin menekuni atau mempelajari gaya komposisi dan improvisasi pada musik fusion. Selain itu diharapkan penelitian ini dapat dijadikan pengetahuan bagi masyarakat umum tentang musik jazz.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dra. Sri Suhita, M.Pd 2) Dra. Suhertuti.M.Pd
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 10 Feb 2021 12:39
Last Modified: 10 Feb 2021 12:39
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/12665

Actions (login required)

View Item View Item