PRAANGGAPAN PRAGMATIK DALAM MEMOAR “KAMU INDONESIA BANGET KALAU...” KARYA BERIT RENSER

Marini Dewi Andini, . (2018) PRAANGGAPAN PRAGMATIK DALAM MEMOAR “KAMU INDONESIA BANGET KALAU...” KARYA BERIT RENSER. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi Marini Dewi Andini.pdf

Download (5MB)

Abstract

Skripsi ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengetahuan praanggapan pragmatik melalui teori praanggapan George Yule. Objek penelitian ini ialah memoar “Kamu Indonesia Banget Kalau...” karya Berit Renser. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan teknik analisis isi. Analisis data dilakukan berdasarkan konsep praanggapan eksistensial, faktual, leksikal, struktural, nonfaktual, dan konterfaktual dalam teori praanggapan George Yule. Penelitian ini menunjukkan penggunaan dan jumlah masing-masing jenis praanggapan. Data yang diteliti didapatkan dari percakapan penutur dengan lawan tutur yang dianalisis per pasangan ujaran beserta konteks di dalamnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa praanggapan paling banyak yang dimiliki oleh memoar ini yakni praanggapan struktural dengan jumlah sebanyak 34,83% (116 data). Praanggapan struktural yaitu tuturan berupa kalimat tanya untuk menuntun lawan tuturnya mempercayai informasi yang disajikan sudah pasti benar, sedangkan praanggapan paling sedikit pada memoar ini yaitu, praanggapan nonfaktual dengan jumlah sebanyak 2,40% (8 data). Praanggapan nonfaktual adalah praanggapan yang diasumsikan tidak benar, kemudian pada praanggapan lainnya yakni, praanggapan eksistensial terdapat sebanyak 16,22% (54 data), faktual sebanyak 30,33% (101 data), leksikal sebanyak 13,51% (45 data), dan konterfaktual sebanyak 2,70% (9 data) dari 333 praanggapan. Pada memoar ini Berit menggambarkan perbedaan kebudayaan antara negara Indonesia dengan Estonia. Memoar sendiri merupakan buku berjenis nonfiksi, sehingga kejadian atau peristiwa digambarkan secara fakta untuk menarik pembaca agar mempercayai peristiwa atau informasi yang disampaikan. Dilihat dari hasil tersebut, maka disarankan untuk penelitian selanjutnya agar melakukan penelitian lebih berfokus pada praanggapan yang memiliki kuantitas banyak, serta dapat mendalami mengenai analisis pelaku tuturan baik dari segi profesi, usia, atau jenis kelamin. Penelitian ini diimplikasikan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di sekolah pada kelas IX SMP/MTS, KD. 3.16 Menelaah hubungan unsur-unsur dalam buku fiksi dan nonfiksi, dan 4.16 Menyajikan tanggapan terhadap isi buku fiksi nonfiksi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Drs. Sam Mukhtar Chaniago, M.Si. 2) Reni Nur Eriyani, M.Pd.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Kesusastraan > Sastra Indonesia
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 07 Nov 2019 15:33
Last Modified: 07 Nov 2019 15:33
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/1273

Actions (login required)

View Item View Item