Rizky Nanda Dwiputra, . (2019) PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PEMELIHARAAN SALURAN DRAINASE(STUDI KASUS KELURAHAN JATIRAHAYU BEKASI JAWA BARAT). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
1.COVER SKRIPSI.pdf Download (126kB) |
|
Text
2.ABSTRAK & ABSTRACT.pdf Download (115kB) |
|
Text
3. lembar persetujuan.pdf Download (263kB) |
|
Text
4. Lembar Orisinalitas.pdf Download (517kB) |
|
Text
6.KATA PENGANTAR.pdf Download (154kB) |
|
Text
7.DAFTAR ISI.pdf Download (92kB) |
|
Text
11A. BAB I.pdf Download (378kB) |
|
Text
11B. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (306kB) |
|
Text
11C. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (387kB) |
|
Text
11D. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
11E. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (92kB) |
|
Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (90kB) |
Abstract
Penelitian inibertujuan untuk mengetahui tingkatpartisipasi masyarakat dalam pemeliharaan saluran drainasedi kelurahan Jatirahayu, dan apa saja faktor yang mempengaruhi tingkat partisipasi masyarakat terhadap pemeliharaan saluran drainase. Penelitian ini menggunakanmetode survei dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah semua masyarakat di Kelurahan Jatirahayu(23.138 orang).Sampel dalam penelitian ini untuk masyarakat Kelurahan Jatirahayuditentukan dengan menggunakan rumus Slovin dengan taraf kesalahan 10% sehingga diperoleh sampel sejumlah 100 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi,dokumentasidan kuisioner. Data kuisioner yang telah diperoleh akan dianalisis secara deskriptif kuantitatif yang berupa angka-angka dan ditabulasi denganmenggunakan nilai persentase.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dari 100 responden, tingkat partisipasi masyarakat di kelurahan Jatirahayudalam pemeliharaan saluran drainaseyangmeliputi pengerahan warga, sosialisasi,monitoring dan pemberian saran/kritikmasih rendah. Hasil dilihat dari 10 kriteria penilaian 6 diantaranya masuk kedalam tingkat partisipasi rendah, hal tersebut mungkin disebabkan karena dari pemerintah kota sendiri belum ada petugas khusus yang menangani permasalahan drainase, khususnya dalam pemeliharaan saluran.Warga juga kesulitan untuk memberi aspirasi dan laporan karena belum adanya organisasi maupun badan khusus yang menampung aspirasidari pemerintah kota. Faktanya program dari pemerintah pusat yakni Drainase Berbasis Masyarakat telah memberikan pedoman dan panduan dalam pelaksanaan tata kelola drainase yang berorientasi pada masyarakat.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Drs.Arris Maulana, MT., ; 2). Prof. Dr. Amos Neolaka, M.Pd. |
Subjects: | Teknologi dan Ilmu Terapan > Konstruksi Bangunan |
Divisions: | FT > S1 Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Users 29 not found. |
Date Deposited: | 17 Feb 2021 16:40 |
Last Modified: | 17 Feb 2021 16:40 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/12817 |
Actions (login required)
View Item |