MODEL KAMUS BILINGUAL ELEKTRONIK BAHASA ARAB AMIYAH MESIR-BAHASA INDONESIA BERBASIS ANDROID. (PENELITIAN PENGEMBANGAN DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA ARAB UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA)

DHIYAA ULHAQ, . (2021) MODEL KAMUS BILINGUAL ELEKTRONIK BAHASA ARAB AMIYAH MESIR-BAHASA INDONESIA BERBASIS ANDROID. (PENELITIAN PENGEMBANGAN DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA ARAB UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1 BAB 1.pdf

Download (599kB)
[img] Text
2 BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (899kB) | Request a copy
[img] Text
3 BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (821kB) | Request a copy
[img] Text
4 BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
5 BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (490kB) | Request a copy
[img] Text
6 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (359kB)
[img] Text
7 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
COVER.pdf

Download (3MB)

Abstract

Terbatasnya media pembelajaran bahasa Arab amiyah mesir dan banyaknya perbedaan antara Bahasa Arab Amiyah dengan Bahasa Arab Fusha mendorong adanya pembaharuan di bidang pengembangan. Pembuatan aplikasi Kamus Bahasa Arab Amiyah Mesir berbasis andorid adalah salah satu jawabannya karena aplikasi ini memudahkan mahasiswa untuk mempelajari Bahasa Arab Amiyah Mesir dengan praktis dan mudah. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk media Kamus Elektronik Bahasa Arab Amiyah Mesir bagi mahasiswa agkatan 2017 dan 2018 program studi Pendidikan Bahasa Arab, Universitas Negeri Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian gabungan Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Ada lima tahap yang dilalui yaitu analisis kebutuhan, desain produk, pengembangan produk, uji coba produk, dan evaluasi produk. Peneliti membatasi langkah-langkah metode yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu: 1) Analisis kebutuhan mahasiswa tahun 2017 dan 2018 program studi Pendidikan Bahasa Arab, Universitas Negeri Jakarta pada mata kuliah Bahasa Arab Amiyah Mesir, 2) Merancang produk, 3) Mengembangkan produk berdasarkan hasil penilaian produk dari para ahli, 4) Mengimplementasikan produk secara langsung dengan mahasiswa tahun 2017 dan 2018 program studi Pendidikan Bahasa Arab, Universitas Negeri Jakarta, 5) Mengevaluasi produk berdasarkan hasil respons mahasiswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui observasi lapangan, wawancara dan angket kuisioner. Penelitian ini dilakukan di Rawamangun, Kecamatan Pulo Gadung, Jakarta Timur, daerah Khusus Ibukota Jakarta. Penelitian dimulai dari tanggal 30 September 2020 sampai dengan 18 Januari 2021. Berdasarkan analisis kebutuhan yang diperoleh dari sampel data 20 mahasiswa angkatan 2017 dan 2018 Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Negeri Jakarta, hasil tersebut menunjukkan bahwa sebanyak 23 mahasiswa (97%) merasa setuju dengan adanya kamus Bahasa Arab Amiyah Mesir yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran yang dapat memudahkan pemahaman Bahasa Arab Amiyah Mesir. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Media Pembelajaran Kamus Elektronik Bahasa Arab Amiyah Mesir berbasis Android bagi Mahasiswa Jurusan Bahasa Arab Universitas Negeri Jakarta Sangat Layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran di kelas, khususnya pada kondisi pembelajaran jarak jauh. Hasil ini didasarkan dari proses penilaian yang dilakukan oleh Ahli Materi dan Ahli Media melalui kuisioner, serta penilaian tanggapan siswa setelah menggunakan kamus elektronik Bahasa Arab Amiyah Mesir. The limited learning media for Egyptian Amiyah Arabic and the many differences between Amiyah Arabic and Fusha Arabic have encouraged reforms in the field of development. The creation of an andorid-based application of the Arabic Amiyah Egyptian Arabic Dictionary is one of the answers because this application makes it easy for students to learn Egyptian Amiyah Arabic in a practical and easy way. The purpose of this research was to develop an Egyptian Amiyah Arabic dictionary for the class of 2017 and 2018 students in major of Arabic Language Education, Jakarta State University. The method used in this study is a Research and Development (R&D) method based on the ADDIE model. There are five stages that go through, namely Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation. The researcher limits the steps of the method used in this research, namely: 1) Analysis of the needs of students in 2017 and 2018 major of Arabic Language Education, Jakarta State University in the Egyptian Amiyah Arabic language lessons, 2) Designed product, 3) Develop Product based on Product assessment results by expert review, 4) Implement products directly with students in class of 2017 and 2018, 5) Evaluate products based on student’s response result. This research used a data collection techniques through field observations, interviews and questionnaire questionnaires. The research was conducted at State University of Jakarta which is located in Rawamangun, Pulo Gadung District, East Jakarta, the Special Capital Region of Jakarta and the research begun from September 30, 2020 to January 18, 2021. Based on the analysis of needs obtained from a sample of data from 20 students of class 2017 and 2018, the major of Arabic Language Education, State University of Jakarta, these results indicate that 23 students (97%) feel that they agree with the Egyptian Amiyah Arabic dictionary which can be used as a learning media which can facilitate for understanding of Egyptian Amiyah Arabic. The results of this study indicate that the Android-based Arabic Amiyah Egyptian Arabic Dictionary for Students in major of Arabic language education in Jakarta State University is very feasible to be used as a learning media in the classroom, especially in conditions of distance learning. These results are based on the assessment process carried out by Material Experts and Media Experts through questionnaires, as well as assessment of student responses after using the electronic dictionary of Arabic Amiyah Egyptian.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Mohamad Sarip, MA. 2). Dr. Fatwa Arifah, MA.Pd.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Arab
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 9217 not found.
Date Deposited: 25 Feb 2021 04:23
Last Modified: 25 Feb 2021 04:23
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/13050

Actions (login required)

View Item View Item