LENI ROSALINA, . (2016) PENGARUH PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP KECERDASAN INTERPERSONAL IPA SISWA KELAS V SD DKELURAHAN RAWAMANGUN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
pdf Rosa.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penerapan Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) terhadap kecerdasan interpersonal siswa kelas V SD pada pembelajaran IPA. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Rawamangun 09 Pagi, Rawamangun, Jakarta Timur yang diperoleh menggunakan teknik cluster random sampling. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain pretest-posttest control group design. Instrumen yang digunakan adalah angket yang telah tervalidasi secara teoretik dan empiris. Sebelum dilakukan uji-t, dilakukan uji normalitas dengan uji Lilliefors dan uji homogenitas dengan uji Bartlett. Berdasarkan hasil pembahasan, diperoleh untuk kelas eksperimen, rata-rata skor pretest sebesar 99,57 dan rata-rata skor posttest sebesar 111,4. Sedangkan untuk kelas kontrol, rata-rata skor pretest sebesar 92,2 dan rata-rata skor posttest sebesar 96,3. Setelah penghitungan uji-t pada data di atas diperoleh t hitung = 5,38 dan ttabel pada taraf signifikansi α = 0,05 dengan n1 = n2 sebesar 1,68. Perhitungan pengujian hipotesis. Dengan demikian, berdasarkan perhitungan pengujian hipotesis, diperoleh bahwa thitung > ttabel yaitu 5,38 > 1,68, maka H0 ditolak dan H1 diterima, maka dikatakan skor kecerdasan interpersonal siswa yang diajarkan menerapkan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) lebih tinggi dari pada siswa yang diajarkan menerapkan pendekatan konvensional.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dra. Yetty auliaty, M. Pd., ; 2). Drs. Dudung Amir Soleh, M. Pd |
Subjects: | Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 29 not found. |
Date Deposited: | 08 Nov 2019 14:39 |
Last Modified: | 08 Nov 2019 14:39 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/1310 |
Actions (login required)
View Item |