Pengaruh Metode Pembelajaran Tutor Sebaya Terhadap Hasil Belajar Membaca Arab pada Siswa Kelas X MAN 3 Jakarta

Mutiara Meilyna Wati, . (2018) Pengaruh Metode Pembelajaran Tutor Sebaya Terhadap Hasil Belajar Membaca Arab pada Siswa Kelas X MAN 3 Jakarta. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi Mutiara Meilyna Wati.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 3 Jakarta pada semester I Tahun Ajaran  , yang di mulai dari bulan November hingga Desember  dengan tujuan guna mengetahui pengaruh mengenai Metode “Tutor Sebaya” dalam meningkatkan hasil belajar bahasa arab siswa Madrasah Aliyah Negeri 3 Jakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Dengan populasi penelitian adalah siswa kelas X Madrasah Aliyah Negeri 3 Jakarta , dan sampelnya adalah siswa kelas X MIA 1 dan X MIA 2 sejumlah  siswa terdiri dari  siswa sebagai kelas kontrol dan  siswa kelas eksperimen. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara “Purposive Sampling”, yaitu teknik pengambilan sampel secara sengaja sesuai dengan persyaratan sampel yang diperlukan. Instrumen yang digunakan adalah tes akhir berbentuk tes pilihan ganda. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan uji hipotesis yang digunakan adalah uji-t pada taraf signifikasi =  Hasil uji-t diperoleh setelah dilakukan Uji Normalitas dan Uji Homogenitas. Uji Homogenitas dengan hasil pengelompokan Y dan X mempunyai varians yang Homogen karena  h i t u n g 13,65 <  t a b e l , Uji Normalitas yang memiliki data berdistribusi normal dengan hasil Lhitung < Ltabel . Setelah dilakukan tes maka nilai t-hitung yang diperoleh dari  adalah  sedangkan nilai t-tabel adalah  untuk derajat kebebasan (dk= ). Karena t-hitung yang diperoleh lebih besar daripada harga t-tabel, maka hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis penelitian (H) diterima. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa mendapatkan pengaruh yang signifikan dalam hasil belajar siswa yang menggunakan metode “Tutor Sebaya”. Siswa lebih tertarik untuk belajar bahasa arab khususnya pada pelajaran pembelajaran bahasa arab , dan mereka lebih mudah menerimanya, karena metode“Tutor Sebaya” mengajak siswa untuk lebih aktif, dalam belajar, serta dapat mengkaitkan materi pelajaran dengan lingkungan sekitar dan mempraktekannya dalam keseharian mereka. Untuk itu guru sebaiknya menggunakan metode pembelajaran yang sesuai dengan kegiatan belajar mengajar khususnya “Tutor Sebaya” dalam pelajaran bahasa arab.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Samsi Setiadi 2) Dr. Shafruddin Tajuddin
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Arab
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 08 Nov 2019 14:50
Last Modified: 08 Nov 2019 14:50
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/1316

Actions (login required)

View Item View Item