EGI WIKANDA, . (2021) PENGEMBANGAN FLIPPED CLASSROOM DENGAN PENDEKATAN KOOPERATIF PADA PELATIHAN LINGKUNGAN PENYELAMAN BAGI RESCUER. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (912kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (250kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (585kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (342kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (509kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (90kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (237kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Flipped classroom menitikberatkan pada rancangan aktivitas pembelajaran yang memungkinkan diterapkan pada suatu pelatihan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan flipped classroom pada pelatihan lingkungan penyelaman bagi rescuer dan memperoleh hasil untuk menilai kelayakan dan efektifitasnya. Langkah- pengembangan yang dilakukan mengacu kepada desain pembelajaran berbasis web yang digabungkan dengan model PEDATI sebagai rancangan pada tahapan desainnya. Uji kelayakan diperoleh berdasarkan penilaian para ahli yang meliputi ahli materi, ahli desian pembelajaran dan ahli media serta saran dan masukan dari peserta didik setelah selesai melakukan pembelajaran, dan melakukan tes awal dan tes akhir untuk melihat tingkat efektivitas melalui capaian hasil belajar. Hasil penelitian didapatkan desain dan pengembangan yang sesuai dengan langkah dan prosedur yang telah dirancang dan diperoleh hasil dari uji kelayakan bahwa pembelajaran ini layak untuk digunakan serta uji efektivitas dengan kriteria cukup efektif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Flipped classroom focuses on the design of cooperative learning activities and allows them to be applied to a training. This study aims to develop a flipped classroom in diving environment training for rescuers and obtain results to assess their feasibility. The development steps taken refer to the multimedia web-based learning design combined with the PEDATI model at the design stage. The feasibility test is obtained based on the assessment of experts including material experts, learning design experts and media experts as well as suggestions and input from students after completing learning, as well as conduct pre-test and post-test to see the level of effectiveness through learning outcomes. The results showed that the design and development were in accordance with the steps and procedures that had been planned and the results obtained from the feasibility test that this learning was feasible to use and the effectiveness test with the criteria was effective enough to improve student learning outcomes.
Item Type: | Thesis (Magister) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Eveline Siregar, M.Pd ; 2). Dr. RA. Murti Kusuma Wirasti, M.Si |
Subjects: | Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknologi (umum) > Teknologi Pendidikan |
Divisions: | PASCASARJANA > S2 Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Users 9271 not found. |
Date Deposited: | 26 Feb 2021 04:34 |
Last Modified: | 26 Feb 2021 04:34 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/13277 |
Actions (login required)
View Item |