Putri Humaeroh, . (2018) Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Arab dengan Penggunaan Media Kartu Kuartet pada Siswa Kleas VIII MTs Negeri 31 Jakarta. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
SKRIPSI PUTRI HUMAEROH.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian dilaksanakan di MTs Negeri 31 Jakarta pada bulan Agustus - Oktober 2017 dengan tujuan penelitian ini untuk melihat peningkatan hasil belajar bahasa Arab dengan Media Kartu Kuartet. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan pada siswa-siswi MTs Negeri 31 Jakarta kelas VIII-3. Pengukuran peningkatan hasil belajar dilaksanakan di akhir kegiatan penelitian dengan memberikan tes dalam bentuk tertulis yang diberikan oleh guru. Penelitian Tindakan kelas ini dilaksanakan dengan menggunakan metode siklus dari Stephen Kemmis & Robin Mc Taggart. Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan melalui empat tahap yaitu tahap perencanaan, tindakan, observasi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus setiap siklus terdiri dari tiga pertemuan. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan Media Kartu Kuartet dengan teknik permainan dapat meningkatkan hasil belajar bahasa Arab siswa kelas VIII-3 MTs Negeri 31 Jakarta. Hal ini terbukti dari perolehan hasil belajar siswa yang meningkat. Hasil belajar siswa yang ada pada saat ujian siklus I yaitu dengan nilai rata-rata siswa 73,14 dan 20 orang siswa berhasil mencapai nilai kkm dengan persentase 58 %, sedangkan hasil yang diharapkan adalah 80% dari seluruh siswa. Pada siklus II memperoleh nilai rata-rata 84,20 dan 32 orang siswa berhasil mencapai nilai KKM dengan persentase 94%. Dapat ditemukan peningkatan hasil belajar bahasa Arab siswa kelas VIII MTs Negeri 31 Jakarta dengan Media Kartu Kuartet yaitu 8,4. Berdasarkan hasil penelitian diatas, diketahui bahwa Media Kartu Kuartet dapat meningkatkan hasil belajar bahasa Arab siswa kelas VIII MTs Negeri 31 Jakarta. Implikasi penelitian tindak kelas ini bahwa Media Kartu Kuartet dapat digunakan oleh guru untuk meningkatkan hasil belajar bahasa Arab dalam pembelajaran bahasa Arab di MTs sehingga siswa menjadi lebih memahami pembelajaran bahasa Arab.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1) Dr. Syamsi Setiadi 2) Ahmad Murodi MA |
Subjects: | Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Arab |
Divisions: | FBS > S1 Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 11 Nov 2019 15:46 |
Last Modified: | 11 Nov 2019 15:46 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/1372 |
Actions (login required)
View Item |