ILUSTRASI MEMORI (SIMORI) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL INTERAKTIF UNTUK MEMBACA UJARAN KOSAKATA KATA BENDA PADA SISWA TUNARUNGU

DANNA ERYANADA, . (2021) ILUSTRASI MEMORI (SIMORI) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL INTERAKTIF UNTUK MEMBACA UJARAN KOSAKATA KATA BENDA PADA SISWA TUNARUNGU. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (499kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (950kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (287kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (402kB) | Request a copy
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa media Ilustrasi Memori (SIMORI) sebagai media pembelajaran digital interaktif berbasis android yang dikembangkan untuk membaca ujaran kosakata kata benda untuk siswa tunarungu. Media ini menggunakan metode Research and Development (RnD) dengan model pengembangan ADDIE. Validasi media dilakukan oleh tiga ahli, yaitu ahli media, ahli materi, dan ahli tunarungu dengan memperoleh nilai rata-rata keseluruhan yaitu 89,16% dengan kategori sangat baik. Media SIMORI di ujicoba kepada salah satu siswa tunarungu kelas TK 3 yang bersekolah di SLB B Pangudi Luhur, dan di laksanakan di rumah siswa karena kegiatan pembelajaran dilakukan dirumah selama pandemi COVID-19. Penelitian ini menunjukan bahwa media SIMORI dapat digunakan untuk membantu siswa dalam mengingat, mengujarkan, dan membaca ujaran dengan baik kosakata kata benda dalam pembelajaran membaca ujaran. Kelebihan dari media SIMORI adalah dapat digunakan untuk pembelajaran jarak jauh dan bisa diakses dimana pun. Diharapkan guru dan orang tua dapat menggunakan media SIMORI sebagai media dalam pembelajaran membaca ujaran. This study aims to produce a product in the form of SIMORI (Memory Illustration) media as an interactive digital learning media based on Android which is developed to read noun vocabulary for deaf students. This media uses the Research and Development (RnD) method with the ADDIE development model. Media validation was carried out by three experts, namely media experts, material experts, and deaf experts with an overall average score of 89.16% with a very good category. SIMORI media was tested on one of the kindergarten class 3 deaf students at SLB B Pangudi Luhur, and was carried out at the student's house because learning activities were carried out at home during the COVID-19 1. This study shows that SIMORI media can be used to help students remember, well pronounce and lip reading noun vocabulary in learning to lip reading. The advantages of SIMORI media those can be used for distance learning and can be accessed anywhere. It is hoped that teachers and parents can use SIMORI media as a medium in lip reading learning

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Wuryani, M.Pd. ; 2). Budi Santoso, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Khusus
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 9771 not found.
Date Deposited: 03 Mar 2021 04:43
Last Modified: 03 Mar 2021 04:52
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/13783

Actions (login required)

View Item View Item