ANALISIS KEBUTUHAN KOMPETENSI PEDAGOGIK DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU BIDANG STUDI “ILMU PENGETAHUAN ALAM” (IPA) DI SMP PGRI 9 JAKARTA

NUR ANNA IRVANDA, . (2016) ANALISIS KEBUTUHAN KOMPETENSI PEDAGOGIK DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU BIDANG STUDI “ILMU PENGETAHUAN ALAM” (IPA) DI SMP PGRI 9 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kesenjangan kompetensi pedagogik yang muncul dalam upaya meningkatkan kinerja guru bidang studi IPA di SMP PGRI 9 Jakarta berdasarkan standar kompetensi guru profesional dengan melakukan analisis kebutuhan. Tahapan yang dilalui meliputi: melakukan pengumpulan data, menganalisis kesenjangan kinerja, mengidentifikasi penyebab kesenjangan, dan menentukan alternative intervensi. Analisis kebutuhan menggunakan model analisis kinerja Allison Rossett. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan survei yang dilaksanakan di SMP PGRI 9 Jakarta. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran angket kepada guru dan siswa, wawancara kepada guru, observasi kelas, dan observasi dokumen. Data yang terkumpul dari angket dianalisis dengan metode statistik deskriptif, sedangkan wawancara dan observasi melalui reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan kesenjangan terjadi pada masing-masing guru dengan indikator yang berbeda-beda. Pada guru 1, terjadi kesenjangan di indikator menguasai karakeristik peserta didik, menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik, mengembangkan potensi peserta didik, dan merancang penilaian dan evaluasi. Pada guru 2 dan 3 memiliki kesenjangan yang sama yaitu pada indikator melakukan kegiatan pembelajaran yang mendidik, mengembangkan potensi peserta didik, dan merancang penilaian dan evaluasi. Kesenjangan tersebut terjadi karena kurangnya pengetahuan dan keterampilan, motivasi serta dukungan lingkungan. Oleh karena itu, kebutuhan yang timbul berupa kebutuhan instruksional dan non-instruksional. Dengan demikian, maka intervensi yang dapat diberikan adalah adanya performance support dari berbagai pihak yang dapat membantu guru agar kinerjanya meningkat. Implikasi dari penelitian ini adalah dapat dijadikan sebagai bahan acuan untuk melihat bagaimana kondisi umum kompetensi pedagogik yang dimiliki oleh guru yang bersangkutan, sehingga guru dapat mengetahui kesenjangan yang ada dan dapat memperbaikinya dengan upaya peningkatan kinerja baik secara mandiri maupun dukungan dari sekolah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). R.A. Hirmana Wargahadibrata, M.Sc. Ed ; 2). Retno Widyaningrum, S.Kom, M.Si.
Subjects: Pendidikan > Kualifikasi dan Profesionalitas Guru
Divisions: FIP > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 29 not found.
Date Deposited: 12 Nov 2019 15:00
Last Modified: 12 Nov 2019 15:00
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/1418

Actions (login required)

View Item View Item