ANALISIS KUALITAS BUTIR SOAL BUATAN GURU PADA MATA PELAJARANINSTALASI MOTOR LISTRIK KELAS XI SMK SWASTA DIJAKARTA TIMUR

DIMAS GIRI DEWANGGA, . (2021) ANALISIS KUALITAS BUTIR SOAL BUATAN GURU PADA MATA PELAJARANINSTALASI MOTOR LISTRIK KELAS XI SMK SWASTA DIJAKARTA TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. BAB 1.pdf

Download (248kB)
[img] Text
3. BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (459kB) | Request a copy
[img] Text
4. BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (380kB) | Request a copy
[img] Text
5. BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (126kB) | Request a copy
[img] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (123kB)
[img] Text
8. LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kualitas soal buatan guru yang berbentuk soal objektif pada mata pelajaran instalasi motor listrik kelas XI di SMK A, SMK B dan SMK C ditinjau dari validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya beda dan efektivitas pengecoh (distractor). Penelitian ini dilakukan di kelas XI di SMK A, SMK B dan SMK C pada bulan Desember 2019 – Juli 2020. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif yang dimaksudkan untuk mencari informasi yang dapat digunakan untuk mendeskripsikan kualitas tes. Populasi dalam penelitian ini adalah guru produktif instalasi tenaga listrik di SMK A, SMK B dan SMK C. Sedangkan Sampel dalam penelitian ini adalah soal, kunci jawaban dan lembar jawaban siswa pada soal Ujian Akhir Semester Ganjil/Genap pada mata pelajaran Instalasi Motor Listrik Kelas XI di SMK A, SMK B dan SMK C Tahun Ajaran 2019/2020. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan bantuan program Microsoft Excel. Berdasarkan hasil analisis validitas di SMK A berjumlah 28 atau 70 % soal valid sedangkan soal yang tidak valid berjumlah 12 atau 30 %. SMK B berjumlah 18 atau 72 % soal valid sedangkan soal yang tidak valid berjumlah 7 atau 28 % dan SMK C berjumlah 18 atau 72 % soal valid sedangkan soal yang tidak valid berjumlah 7 atau 28 %. reliabilitas pada soal pada SMK A mempunyai reliabilitas yang tinggi yaitu 0.919 dari soal yang valid, SMK B mempunyai reliabilitas yang rendah yaitu 0,635 dari soal yang valid sedangkan SMK C mempunyai reliabilitas yang tinggi yaitu 0.976 dari soal yang valid. tingkat kesukaran soal pada SMK A yang masuk dalam kategori mudah berjumlah 13 atau 32,5%, butir soal yang sukar ada sebanyak 13 atau 32,5%. Sementara itu butir soal sedang ada sebanyak 14 atau 35%, SMK B butir soal yang masuk dalam kategori mudah berjumlah 1 atau 4%, butir soal yang sukar ada sebanyak 10 atau 40%. Sementara itu butir soal sedang ada sebanyak 14 atau 56% dan SMK C butir soal yang masuk dalam kategori mudah berjumlah 8 atau 40%, butir soal yang sukar ada sebanyak 8 atau 40%. Sementara itu butir soal sedang ada sebanyak 4 atau 20%. Daya pembeda soal pada SMK A yang berkategori baik berjumlah 13 atau 33% sedangkan yang tidak baik berjumlah 27 atau 67%, SMK B yang berkategori baik berjumlah 7 atau 20% sedangkan yang tidak baik berjumlah 18 atau 80% dan SMK C yang berkategori baik berjumlah 5 atau 25% sedangkan yang tidak baik berjumlah 15 atau 75%. Efektivitas pengecoh soal pada SMK A yang berkategori baik berjumlah 14 atau 15%, SMK B yang berkategori baik berjumlah 24 atau 96% dan SMK C yang berkategori baik berjumlah 5 atau 25%. Hasil analisis soal secara keseluruhan di SMK A, SMK B dan SMK C yang berkualitas baik hanya memliki rata-rata 13,67% dari total keseluruhan soal. Lalu soal yang berkualitas baik namun perlu direvisi memliki rata-rata 14% dari total keseluruhan soal dan soal yang berkualitas tidak baik memiliki rata-rata 72,33% dari total keseluruhan soal. Butir soal yang baik sebaiknya dimasukkan di bank soal, butir soal yang harus direvisi dapat diperbaiki dengan melihat indikator penyebab kegagalannya dan butir soal yang tidak baik sebaiknya tidak digunakan lagi. This study aims to determine the level of quality of questions made by teachers in the form objective test items for the installation of electric motors subject in class XI of SMK A, SMK B and SMK C in terms of validity, reliability, level of difficulty, different power and the effectiveness of distractors. This research was conducted in class XI at SMK A, SMK B and SMK C in December 2019 - July 2020. This study used a quantitative descriptive approach intended to find information that could be used to describe the quality of the test. The population in this study were productive teachers of electric power installations engineering at SMK A, SMK B and SMK C. While the Samples in this study were questions, answer keys and answer sheets of students on the questions of the Odd / Even Semester test on the subjects of Electrical Motor Installation Class XI in SMK A, SMK B and SMK C 2019/2020 Academic Year. Data collection techniques using interviews and documentation. Data analysis techniques using the help of Microsoft Excel program which is seen from the validity, reliability, level of difficulty, distinguishing power and effectiveness of deceivers. Based on the results of the analysis of the validity at SMK A there were 28 or 70% valid questions while the invalid questions were 12 or 30%. SMK B amounted to 18 or 72% valid questions, while the invalid questions were 7 or 28% and SMK C was 18 or 72% valid questions while the invalid questions were 7 or 28%. The reliability of the questions at SMK A has high reliability that is 0.919 of the valid questions, SMK B has low reliability, namely 0.635 of the valid questions, while SMK C has high reliability which is 0.976 of the valid questions. The difficulty level of the questions at SMK A which was included in the easy category was 13 or 32.5%, the hard questions were 13 or 32.5%. Meanwhile, there were 14 or 35% of the intermediate questions, 1 or 4% of SMK B in the easy category, 10 or 40% of the difficult items. Meanwhile, there were 14 or 56% of the intermediate items and 8 or 40% of SMK C in the easy category, 8 or 40% of the difficult items. Meanwhile, there were 4 or 20% of the items in question. The distinguishing power of questions at SMK A which is categorized as good is 13 or 33% while the bad ones are 27 or 67%, SMK B which is in good category is 7 or 20% while the bad ones are 18 or 80% and SMK C which are categorized as good amounts to 5 or 25% while the bad ones amounted to 15 or 75%. The effectiveness of questioning at SMK A which is categorized either is 14 or 15%, SMK B which is in either category is 24 or 96% and SMK C which is in either category is 5 or 25%. The results of the overall question analysis at SMK A, SMK B and SMK C which are of good quality only have an average of 13.67% of the total questions. Then the good quality questions but need to be revised have an average of 14% of the total questions and the bad quality questions have an average of 72.33% of the total questions. Good items should be entered in the question bank, items that need to be revised can be corrected by looking at the indicators of the cause of failure and items that are not good should not be used anymore.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Soeprijanto, M.Pd. ; 2). Nur Hanifah Yuninda, ST., MT
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan dan Sekolah Kejuruan
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Users 5446 not found.
Date Deposited: 04 Mar 2021 09:58
Last Modified: 09 Mar 2021 07:06
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/14301

Actions (login required)

View Item View Item