ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PEMBELAJARAN LARUTAN PENYANGGA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL LEARNING CYCLE 8E

GALIH PRASETYA LESTARI, . (2021) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PEMBELAJARAN LARUTAN PENYANGGA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL LEARNING CYCLE 8E. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (774kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (428kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (741kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Galih Prasetya Lestari. Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran Larutan Penyangga dengan Menggunakan Model Learning Cycle 8E. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, Februari 2021. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran larutan penyangga dengan menggunakan model Learning Cycle 8E. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 105 Jakarta pada semester genap tahun ajaran 2019/2020. Subjek penelitian ini adalah 37 siswa kelas XI MIPA A SMA Negeri 105 Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif yang dilakukan dengan observasi, wawancara dan tes berpikir kritis siswa. Proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran Learning Cycle 8E. Soal tes berpikir kritis digunakan sebagai instrumen, dilengkapi wawancara mendalam dan jurnal reflektif untuk menganalisis kemampuan berpikir kritis siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa kurang berkembang dengan baik pada indikator inferensi, evaluasi, dan eksplanasi. Namun, kemampuan berpikir kritis siswa ditinjau dari indikator interpretasi dan analisis dapat berkembang dan menunjukkan hasil yang baik. Kata kunci: Learning Cycle 8E, Larutan Penyangga, Kemampuan Berpikir Kritis Galih Prasetya Lestari. Analysis of Students' Critical Thinking Ability in Learning Buffer Solutions Using the 8E Learning Cycle Model. Jakarta: Chemistry Education Study Program, Department of Chemistry, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, Jakarta State University, February 2021. This study aims to analyze student’s critical thinking skills in learning buffer solutions using the 8E Learning Cycle model. This research was conducted at SMA Negeri 105 Jakarta in the even semester of the 2019/2020 school year. The subjects of this study were 37 students of class XI MIPA A SMA Negeri 105 Jakarta. The research method used is qualitative, which is carried out by observation, interviews and student's critical thinking tests. The learning process uses the Learning Cycle 8E learning model. Critical thinking test questions are used as an instrument, equipped with in-depth interviews and reflective journals to analyze student’s critical thinking skills. The results showed that student's critical thinking skills were not well developed in indicators of inference, evaluation, and explanation. However, student's critical thinking skills in terms of interpretation and analysis indicators can develop and show good results. Keywords: Learning Cycle 8E, Buffer Solution, Critical Thinking Ability

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Yuli Rahmawati, M.Sc., Ph.D ; 2). Dr. Hanhan Dianhar, M.Si
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Sains > Kimia
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 9968 not found.
Date Deposited: 08 Mar 2021 09:20
Last Modified: 08 Mar 2021 09:20
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/14313

Actions (login required)

View Item View Item