Hubungan antara Minat Belajar dengan Hasil Belajar Siswa di SMK Negeri 44 Jakarta Pusat

ZAINAL PAHMI, . (2014) Hubungan antara Minat Belajar dengan Hasil Belajar Siswa di SMK Negeri 44 Jakarta Pusat. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara minat belajar dengan hasil belajar mata pelajaran pengantar administrasi perkantoran siswa SMK Negeri 44 Jakarta Pusat. Penelitian ini dilakukan terhadap siswa selama 2 (dua) bulan terhitung sejak bulan maret sampai dengan bulan mei 2014. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan pendekatan korelasional. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMK Negeri 44 Jakarta Pusat. Populasi terjangkau dari penelitian ini adalah siswa kelas 10 program studi administrasi perkantoran yang berjumlah 70 siswa dengan sample penelitian 58 siswa. Teknik pengambilan sample yang digunakan adalah proportional random sampling. Instrument yang digunakan untuk memperoleh data variable X (minat belajar) digunakan instrument berbentuk skala likert. Teknik analisis data dimulai dengan mencari persamaan regresi yang didapat adalah Ŷ = 36,801 + 0.309X. Selanjutnya adalah uji normalitas galat taksiran regresi Y atas X dengan menggunakan uji Liliefors dan diperoleh Lhitung = 0.070 dibandingkan dengan Ltabel pada taraf signifikansi 0.05 sebesar 0.116. maka Lo < Lt. Hal ini berarti galat taksiran Y atas X berdistribusi normal. Uji kelinieran regresi menghasilkan Fhitung (1,137) < Ftabel (2,07), ini berarti model regresi yang dipakai linier.Untuk uji keberartian regresi diperoleh Fhitung (24,35) > Ftabel (4,02), ini membuktikan bahwa regresi berarti. Sedangkan. uji koefisien korelasi product moment menghasilkan rxy sebesar 0.550. Kemudian dilanjutkan dengan uji signifikansi koefisien dengan menggunakan uji t. Hasil yang diperoleh adalah thitung (4,93), sedangkan ttabel pada dk = n – 2 = 58 – 2 = 56 adalah dan taraf signifikansi 0.05 adalah 1.67, berarti thitung > ttabel. Perhitungan koefisien determinasi menghasilkan rxy 2= 0.5502= 0.3030. Ini menunjukan bahwa 30,30% variasi minat belajar siswa dengan hasil belajar siswa. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat hubungan positif antara minat belajar siswa dengan hasil belajar siswa kelas 10 SMK Negeri 44 Jakarta. ******* The purpose of this research is to know the relations between interest learning with learning outcomes to lesson the introduction of office administration at state senior high school 44 of Jakarta. The research was conducted over two month from Maret to Mei 2014. The research method used is survey method with the correlation approach. The research population was all students of SMKN 44 Jakarta. While the research of population were 70 student of second class office administration program with 58 student for sample. The sampling technique was conducted by proportional random sampling. Instrument that used to get variable data x (interest learning) measured by questionnaire using likert scale. The analysis test by finding regression equation, that is Y = 36,801 + 0.309X. Next is the estimated regression error normality test Y on X using the test and obtained Liliefors Lhitung = 0.070 compared with Ltabel at the 0.05 level at 0.116. the Lo < Lt. This means that the error estimates Y over X is normally distributed. linearity regression test produces Fcount (1,137) < F table (2,07), this means linear regression models were used. Test significance Fcount regression (24.35) > F table (4.02), this proves that the regression mean. Meanwhile. Product moment correlation coefficient test result rxy of 0.550. Then proceed with the coefficient significance test using the t test. The results obtained are thitung (4,93), while the TTable at dk = n - 2 = 58 - 2 = 56 and the 0.05 level is 1.67, meaning thitung > TTable. The calculation of the coefficient of determination produce rxy2 = 0.5502= 0.3030. It shows that 30,30% variation in interest learning with learning outcomes conclusion of this study is that there is a positive relationship between interest learning with learning outcomes on class 10 at SMKN 44 Jakarta.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Sudarti ; 2). Umi Widyastuti SE, ME
Subjects: Ilmu Sosial > Industri, Buruh, Produksi > Pendidikan Ekonomi
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Rima Safitri .
Date Deposited: 13 Mar 2021 03:28
Last Modified: 13 Mar 2021 03:28
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/14827

Actions (login required)

View Item View Item