Pendidikan Guru di Indonesia : Periode Awal Tahun 1950 – 1965

Andi Yonardi, . (2018) Pendidikan Guru di Indonesia : Periode Awal Tahun 1950 – 1965. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (76kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (269kB)
[img] Text
3. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (303kB)
[img] Text
4. LEMBAR ORISINALITAS.pdf

Download (325kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (164kB)
[img] Text
8. BAB 1.pdf

Download (497kB)
[img] Text
9. BAB 2.pdf

Download (525kB)
[img] Text
10. BAB 3.pdf

Download (683kB)
[img] Text
11. BAB 4.pdf

Download (696kB)
[img] Text
12. BAB 5.pdf

Download (174kB)
[img] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (385kB)
[img] Text
14. LAMPIRAN 1.pdf

Download (56kB)
[img] Text
15. LAMPIRAN 2.pdf

Download (176kB)
[img] Text
16. RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (157kB)

Abstract

Rumusan masalah yang menjadi maksud dari penelitian ini yaitu; Pertama menjelaskan dinamika pendidikan guru yang berkembang di Indonesia mulai tahun 1950 sampai dengan 1965. Dari rumusan masalah tersebut akan dihasilkan sebuah deskripsi naratif mengenai dinamika pendidikan guru yang formal ataupun non formal yang diselenggarakan untuk memenuhi kebutuhan tenaga pengajar di Indonesia pada saat itu. Kedua menjelaskan dampak dari penyelenggaraan guru yang dilaksanakan pada kurun waktu 1950-1965 terhadap dinamika pendidikan nasional Indonesia. Dalam hal ini akan dijelaskan perubahan yang terjadi akibat diselenggarakannya pendidikan guru khususnya terhadap peningkatan angka partisipasi masyarakat dalam pendidikan di Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode sejarah dan penyajian hasil penelitian dilakukan dalam bentuk deskriptif-naratif. Sumber penelitian yang digunakan terdiri dari sumber primer dan sumber sekunder yaitu melalui sumber tertulis berupa arsip dan studi kepustakaan. Sumber primer yang digunakan terdiri dari beberapa arsip yang berupa Undang Undang dan Peraturan Menteri Pendidikan dan Pengajaran. Sumber sekunder yang digunakan merupakan sumber berupa buku-buku yang ditulis oleh beberapa penulis yang menulis buku dengan tema sejarah pendidikan di Indonesia, seperti Soegarda Poerbakawatja, Muchtar Buchori, I Djumhur Danasuparta, Muhammad Rifa’I, Suradi Hp, Husni Rahim, dan Muhammad Kosim . Bukan hanya sampai disini, pencarian juga penulis lakukan dengan mengunjungi dan mencari sumber di perpustakaan nasional Jakarta, perpustakaan pusat Universitas Indonesia (UI), perpustakaan UPT Universitas Negeri Jakarta (UNJ) atau dengan melakukan pelacakan sumber yang dianggap penulis relevan untuk pengkajian topik ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pendidikan guru di Indonesia pada tahun 1950 dilakukan dengan tujuan utama ialah menghasilkan tenaga pendidikii dalam jumlah yang banyak dan waktu yang singkat. Pemerintah menyelenggarakan Kursus Pengantar untuk Kursus Pengantar ke Kewajiban Belajar (KPkpKB) dan juga sekolah guru B yang dalam menghasilkan tenaga pendidik dalam kurun waktu dua sampai empat tahun. Selain itu juga dirumuskan pendidikan guru agama yang nantinya akan menjadi bagian integral dalam pendidikan dan pengajaran umum di sekolah. Pemerintah juga berusaha mempersiapkan tenaga pendidik untuk sekolah kejuruan seperti sekolah guru kepandaian puteri, sekolah guru taman kanak-kanak, sekolah guru luar biasa, dll. Setelah jumlah tenaga pendidik dirasakan semakin bertambah jumlahnya, tindakan yang selanjutnya dilakukan oleh pemerintah adalah merencanakan pendidikan guru yang lebih ideal dan berkualitas. Salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan guru ialah meningkatkan taraf pendidikan guru hingga perguruan tinggi. Untuk pendidikan guru sekolah rakyat dan yang sederajat disederhanakan dan hanya diselenggrakan Sekolah Guru A yang setingkat dengan sekolah menengah atas. Untuk pendidikan guru sekolah menengah pertama dan atas pemerintah pada tahun 1954 membentuk Perguruan Tinggi Pendidikan Guru (PTPG). Pada akhirnya di tahun 1963 muncul perguruan tinggi yang khusus sebagai Lembaga Pendidikan Tenaga Keguruan yaitu Institut Keguruan Ilmu Pendidikan (IKIP) Kata Kunci: Pendidikan Guru, Indonesia, SGB-SGA, SGAI, SGKP, SGL

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Umasih M.Hum 2) Drs. R. Wisnubroto, M. Pd
Subjects: Ilmu Sejarah > Aneka Ragam Sejarah dan Teori Sejarah
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 09 Oct 2019 15:15
Last Modified: 09 Oct 2019 15:15
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/154

Actions (login required)

View Item View Item