TRY ANDINA PUTRI UTAMI, . (2019) PERAN ORANG TUA DALAM MENANAMKAN KEMANDIRIAN ANAK USIA 5-6 TAHUN (Studi Kasus di Kelurahan Cawang, Kecamatan Kramat Jati, Jakarta Timur). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
1. COVER SKRIPSI.pdf Download (128kB) |
|
Text
2. ABSTRAK DAN ABSTRACT.pdf Download (90kB) |
|
Text
3. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf Download (672kB) |
|
Text
4. LEMBAR ORISINALITAS.pdf Download (540kB) |
|
Text
6. KATA PENGANTAR.pdf Download (147kB) |
|
Text
7. DAFTAR ISI.pdf Download (94kB) |
|
Text
11. BAB I.pdf Download (156kB) |
|
Text
11. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (254kB) |
|
Text
11. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (246kB) |
|
Text
11. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text
11. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (53kB) |
|
Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (141kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peranan orang tua dalam menanamkan kemandirian anak usia 5-6 tahun di lingkungan RW 09 Kelurahan Cawang, Jakarta Timur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data dikumpulkan dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah metode Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini adalah (a) orang tua memberikan pemahaman dengan cara memberitahu dan memberikan contoh, orang tua memberikan pemahaman saat berada di usia dini, dan orang tua memberikan pemahaman karena orang tua sakit sehingga orang tua berharap anak tidak bergantung pada orang lain, (b) cara yang dilakukan orang tua dalam menanamkan kemandirian anak adalah dengan cara memberi contoh dan meminta anak untuk bergerak sendiri, memberikan reward sebagai motivasi anak, memberikan kepercayaan kepada lingkungan rumah, memberikan tanggung jawab, serta memberikan tugas yang dapat dikerjakan oleh anak agar anak terlatih untuk mengerjakan sesuatu sendiri (c) perilaku kemandirian pada anak usia 5-6 tahun yaitu anak memiliki inisiatif yang tinggi, mampu untuk melakukan sesuatu tanpa bantuan orang lain, mampu beradaptasi dengan lingkungan baru sehingga mudah bersosialisasi dengan teman, mampu bermain tanpa pendampingan orang tua, mampu memilih sesuai dengan keinginannya, dan anak memiliki tanggung jawab dalam melaksanakan tugasnya. (d) pola pembentukan kemandirian yang diberikan orang tua yaitu Ibu memiliki pengaruh pembentukan kemandirian dengan memberikan tugas, orang tua selalu memberikan kepercayaan kepada anak, dan orang tua berlaku tegas saat anak tidak melakukan suatu secara mandiri. Orangtua sebagai lingkup terdekat anak telah menunjukan perannya dalam menanamkan kemandirian kepada anak, sehingga orangtua ini dapat dijadikan acuan untuk para orang tua lain dalam menerapkan kemandirian pada anak.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Indah Juniasih, M.Pd ; 2). Hikmah, MM, M.Pd |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru PAUD |
Depositing User: | Users 10553 not found. |
Date Deposited: | 18 Jun 2021 05:05 |
Last Modified: | 18 Jun 2021 05:05 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/16248 |
Actions (login required)
View Item |