SHASA REGINANDHA, . (2019) HUBUNGAN KECERDASAN NATURALIS DENGAN EKOLITERASI PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI KELURAHAN KEBON BARU. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
1. COVER HALAMAN DEPAN.pdf Download (115kB) |
|
Text
2. ABSTRAK & ABSTRACT.pdf Download (93kB) |
|
Text
3. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf Download (477kB) |
|
Text
4. LEMBAR ORISINALITAS.pdf Download (2MB) |
|
Text
6. KATA PENGANTAR.pdf Download (182kB) |
|
Text
7. DAFTAR ISI.pdf Download (201kB) |
|
Text
8. BAB I.pdf Download (225kB) |
|
Text
9. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (363kB) |
|
Text
10. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (453kB) |
|
Text
11. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (414kB) |
|
Text
12. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (94kB) |
|
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (279kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data empiris tentang hubungan kecerdasan naturalis dengan ekoliterasi peserta didik kelas V SD Negeri Kelurahan Kebon Baru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode ex-postfacto yang berjenis korelasi. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V di SD Negeri Kelurahan Kebon Baru. Sampel dalam penelitian sebanyak 77 peserta didik dengan teknik pengambilan sampel cluster random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen non-tes berbentuk angket yang telah teruji validitas dan reliabilitasnya. Data angket dianalisis menggunakan uji normalitas, homogenitas, dan uji linearitas. Analisis data menggunakan uji korelasi memperoleh nilai rhitung sebesar 0,6495 sedangkan rtabel pada taraf signifikasi 0,05 adalah sebesar 0,2242. Maka dapat dikatakan bahwa rhitung > rtabel yang berarti hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (Ho) ditolak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kecerdasan naturalis dan ekoliterasi peserta didik kelas V SD Negeri Kelurahan Kebon Baru. Hubungan ini memiliki arti bahwa semakin tinggi kecerdasan naturalis peserta didik, maka semakin tinggi pula ekoliterasi peserta didik, begitu juga sebaliknya. Sumbangan efektif yang diberikan oleh variabel kecerdasan naturalis terhadap variabel ekoliterasi adalah sebesar 42,2% dan dan sisanya sebesar 57,8% ditentukan oleh faktor lain.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Yustia Suntari, M.Pd., ; 2). Drs. Julius Sagita, M.Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 10553 not found. |
Date Deposited: | 23 Jun 2021 07:02 |
Last Modified: | 23 Jun 2021 07:02 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/16311 |
Actions (login required)
View Item |