PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MUATAN IPA SISWA KELAS V SD (Studi Penelitian Eksperimen Kelurahan Malaka Jaya Jakarta Timur)

AISYAH FANY HANIARTI, . (2018) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MUATAN IPA SISWA KELAS V SD (Studi Penelitian Eksperimen Kelurahan Malaka Jaya Jakarta Timur). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. COVER HALAMAN DEPAN.pdf

Download (132kB)
[img] Text
3. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (503kB)
[img] Text
4. LEMBAR ORISINIL.pdf

Download (202kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (101kB)
[img] Text
11. BAB I.pdf

Download (204kB)
[img] Text
11. BAB II.pdf

Download (532kB)
[img] Text
11. BAB III.pdf

Download (445kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf

Download (311kB)
[img] Text
11. BAB V.pdf

Download (285kB)
[img] Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (96kB)
[img] Text
13. LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data empiris tentang Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Muatan IPA Siswa Kelas V, pada pokok bahasan panas dan perpindahannya, semester 2 tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Malaka Jaya 05 Pagi, Jakarta Timur. Sampel dipilih dengan menggunakan teknik simple random sampling. Sampel penelitian berjumlah 32 siswa untuk kelas eksperimen dan 31 siswa untuk kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen tes berbentuk uraian bebas yang telah teruji validitas dan reliabilitasnya. Data posttest dari kelas eksperimen dan kelas kontrol dianalisis menggunakan uji normalitas, homogenitas, dan uji t-test. Analisis data menggunakan uji-t, kedua kelompok tersebut memperoleh nilai t-hitung sebesar 2,0174 sedangkan t-tabel pada taraf signifikasi 0,05 dan dk = 61 adalah sebesar 1,6702, maka dapat dikatakan bahwa t-hitung > t-tabel yang berarti hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (H0) ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara model Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis pada muatan IPA siswa kelas V SD.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Tunjungsari Sekaringtyas, M.Pd 2) Dra. Rosinar Siregar, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 19 Nov 2019 10:16
Last Modified: 19 Nov 2019 10:16
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/1641

Actions (login required)

View Item View Item