ANNISA INDAHSARI, . (2019) MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DALAM MUATAN IPA MELALUI MODEL LEARNING CYCLE 7E DI KELAS V SDN DUREN SAWIT 07 PAGI JAKARTA TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
1. COVER HALAMAN DEPAN.pdf Download (67kB) |
|
Text
2. HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (140kB) |
|
Text
3. ABSTRAK & ABSTRACT.pdf Download (186kB) |
|
Text
4. LEMBAR ORISINALITAS.pdf Download (111kB) |
|
Text
6. KATA PENGANTAR.pdf Download (279kB) |
|
Text
7. DAFTAR ISI.pdf Download (297kB) |
|
Text
11. a. Bab 1.pdf Download (302kB) |
|
Text
11. b. Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (671kB) |
|
Text
11. c. Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (524kB) |
|
Text
11. d. Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
11. e. Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (193kB) |
|
Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (372kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui peningkatan motivasi belajar IPA pada kompetensi dasar Panas dan Perpindahannya menggunakan model learning cycle 7E (Elicit, Engagement, Exploration, Explanation, Elaboration, dan Extended) di Kelas V SDN Duren Sawit 07 Pagi Jakarta Timur. Penelitian dilaksanakan pada semester II, tahun ajaran 2018/2019. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, menggunakan model siklus Kemmis dan Mc.Taggart. Subjek penelitian, berjumlah 32 peserta didik. Penelitian ini, dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu siklus I dan II dengan tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data dikumpulkan menggunakan angket motivasi belajar IPA, dan instrumen pemantau tindakan model learning cycle 7E (Elicit, Engagement, Exploration, Explanation, Elaboration, dan Extended). Hasil penelitian ini, menunjukkan motivasi belajar IPA meningkat dari pra siklus yang diukur dengan angket motivasi belajar pada akhir siklus I sebesar 66% dan akhir siklus II sebesar 88% dengan kriteria tinggi. Instrumen pemantau tindakan model learning cycle 7E (Elicit, Engagement, Exploration, Explanation, Elaboration, dan Extended) mengalami peningkatan yaitu siklus I sebesar 83% dan siklus II sebesar 95%. Hasil tersebut, membuktikan bahwa model learning cycle 7E (Elicit, Engagement, Exploration, Explanation, Elaboration, dan Extended) dapat meningkatkan motivasi belajar IPA dalam muatan materi panas dan perpindahannya.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Drs. AR. Supriatna, M.Pd ; 2). Drs. Dudung Amir Soleh, M.Pd |
Subjects: | Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 10553 not found. |
Date Deposited: | 19 Aug 2021 04:09 |
Last Modified: | 19 Aug 2021 04:09 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/16849 |
Actions (login required)
View Item |