PENGARUH METODE COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD (STUDENT TEAMS-ACHIEVEMENT DIVISIONS) TERHADAP SIKAP EMPATI SISWA DALAM PEMBELAJARAN PKN (STUDI EKSPERIMEN DI KELAS IV SDN KELURAHAN MEKARJAYA DEPOK)

Zilfira Oktaviani, . (2016) PENGARUH METODE COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD (STUDENT TEAMS-ACHIEVEMENT DIVISIONS) TERHADAP SIKAP EMPATI SISWA DALAM PEMBELAJARAN PKN (STUDI EKSPERIMEN DI KELAS IV SDN KELURAHAN MEKARJAYA DEPOK). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi Zilfira Oktaviani 1.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Jurnal Zilfira Oktaviani.pdf

Download (133kB)
[img] Text
ABTRAK, ABSTRACT.pdf

Download (127kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Cooperative Learning tipe STAD terhadap sikap empati Siswa kelas IV SD pada pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn). Sampel yang digunakan pada penelitian ini yaitu siswa kelas IV A dan IV B SDN Mekarjaya 10 Depok dengan jumlah 72 siswa pada kedua kelasnya. Penggunaan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen, dengan desain Posttest Only Grup Control Design. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi analisis dengan menggunakan uji-t. hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada metode Cooperative Learning tipe STAD terhadap sikap empati Siswa kelas IV SD pada pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) diterima. Kesimpulan tersebut ditunjukkan dengan uji-t yang membuktikan bahwa thitung lebih dari ttabel pada α = 0,05 yaitu 2,673 > 2,03 dan nilai Rata-rata skor sikap empati siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi daripada nilai rata-rata kelas kontrol yaitu 66,08 > 63,5.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Nina Nurhasanah, M.Pd, ; 2). Dra. Iva Sarifah, M.Pd,
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 29 not found.
Date Deposited: 20 Nov 2019 12:17
Last Modified: 20 Nov 2019 12:17
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/1709

Actions (login required)

View Item View Item