Anisa Puttie Aires, . (2019) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN SENTRA PADA LABS WARNA WARNI MUSIKAL (Penelitian Evaluatif di TK B Labschool Jakarta Tahun 2018). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
1 cover cd 1.pdf Download (53kB) |
|
Text
2 ABSTRAK puty APA cd 2.pdf Download (29kB) |
|
Text
3 lembar pengesahan.pdf Download (388kB) |
|
Text
4 orisinalitas cd 4.pdf Download (373kB) |
|
Text
5 perstujuan page 2.pdf Download (368kB) |
|
Text
6 KATA PENGANTAR cd 6.pdf Download (32kB) |
|
Text
7 DAFTAR ISI fixAPAskripsi.pdf Download (22kB) |
|
Text
12 Daftar Pustaka APA.pdf Download (39kB) |
|
Text
BAB I cd.pdf Download (133kB) |
|
Text
BAB II cd.pdf Restricted to Registered users only Download (282kB) |
|
Text
BAB III cd.pdf Restricted to Registered users only Download (140kB) |
|
Text
BAB IV cd.pdf Restricted to Registered users only Download (64MB) |
|
Text
BAB V cd.pdf Restricted to Registered users only Download (34kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui efektivitas pembelajaran sentra pada Labs Warna Warni Musikal dan mengevaluasi pembelajaran model sentra pada Labs WWM dispesifikasikan pada lima komponen pembelajaran yaitu komponen tujuan, materi, metode, media, dan asesmen. Penelitian ini menggunakan desain penelitian evaluatif dengan pendekatan kualitatif-dekriptif yang analisisnya menggunakan dan analisis menggunakan teknik analisis statistik deskriptif. Metode yang digunakan adalah studi kasus kualitatif. Instrumen yang digunakan adalah indepth interview, observasi dan studi dokumentasi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pembelajaran di Labs Warna Warni Musikal (WWM) TK B Labschool Jakarta sudah memenuhi standar efektivitas atau sudah berjalan secara efektif. Komponen yang mempengaruhi tingginya tingkat efektivitas terletak pada komponen tujuan, materi dan metode. Sedangkan komponen yang mengurangi tingginya tingkat efektivitas yaitu media dan asesmen. Penilaian rendah pada komponen media dikarenakan oleh media peraga yang tidak terlalu sering digunakan dan pada komponen asesmen dikarenakan oleh tidak ditemukannya rubrik penilaian. Implikasi dari penelitian ini adalah sudah tercapainya dengan sangat maksimal tiga dari lima komponen yang difokuskan pada penelitian ini yang membuat efektivitas pembelajaran sentra pada Labs WWM masuk dalam kategori sangat tinggi. Untuk dapat mempertahankan dan meningkatkan efektivitas pembelajaran sentra pada Labs WWM, seperti yang peneliti telah uraikan dalam pembahasan bahwa penggunaan media peraga yang lebih sering digunakan dan rubrik penilaian agar dilengkapi.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Yuliani Nurani, M.Pd ; 2). Dra. Yudrik Jahja, M.Pd |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar > Pendidikan Anak |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru PAUD |
Depositing User: | Users 10553 not found. |
Date Deposited: | 24 Aug 2021 03:11 |
Last Modified: | 24 Aug 2021 03:11 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/17148 |
Actions (login required)
View Item |