HERU SETIAWAN, . (2021) نموذج المعجم الإلكتروني عربي – إندونيسي على أساس الكتب النحوية لتدريس اللغة العربية (البحث التطويري في قسم تربية اللغة العربية بجامعة جاكرتا الحكومية) MODEL KAMUS ELEKTRONIK ARAB – INDONESIA BERDASARKAN KITAB-KITAB NAHWU UNTUK PEMBELAJARAN BAHASA ARAB (PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN DI PRODI PENDIDIKAN BAHASA ARAB UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (907kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (180kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (339kB) | Request a copy |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (219kB) | Request a copy |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (150kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (199kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran bahasa Arab Kamus Elektronik berbasis aplikasi android bagi pebelajar bahasa Arab khususnya bagi mahasiswa tingkat dua hingga akhir dari program studi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Negeri Jakarta. Metode penelitian gabungan Research and Development (R&D) dengan model pengembangan dari Borg & Gall diaplikasikan dalam penelitian ini. Ada sepuluh tahapan penelitian dalam model ini, yaitu identifikasi masalah, mengumpulkan informasi, mendesain produk, validasi desain, perbaikan desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian secara luas, revisi produk tahap akhir, dan produksi massal. Peneliti membatasi tahapan penelitian tersebut menjadi beberapa tahapan, yaitu 1) identifikasi masalah, 2) pengumpulan informasi kebutuhan mahasiswa, 3) mendesain produk, 4) validasi desain produk kepada ahli media dan ahli materi, 5) perbaikan desain produk, dan 6) uji coba produk skala mikro. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan angket kuisioner. Penelitian ini dilakukan di Universitas Negeri Jakarta, Rawamangun, Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta. Penelitian dimulai pada tanggal 24 Oktober 2020 hingga 4 Juli 2021. Sebanyak 25 responden dari kalangan mahasiswa angkatan 2016 hingga angkatan 2020 turut mengisi angket kuisioner. Desain yang telah dibuat berlandaskan kebutuhan responden divalidasi sehingga memeroleh persentase sebesar 93,65 % yang berarti sangat layak namun dengan beberapa catatan perbaikan. Pasca perbaikan desain, purwarupa produk diujicoba dalam skala mikro. 16 mahasiswa turut menguji coba produk dan menilainya sehingga produk dinyatakan sangat layak setelah mendapatkan total skor dengan persentase 91,4 %. Berdasarkan hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa purwarupa produk pengembangan Kamus Elektronik Arab – Indonesia secara umum layak digunakan sehingga produk dapat disempurnakan dan dikembangkan untuk ke depan. ******** This study aims to develop an Android application-based Electronic Dictionary Arabic learning media for Arabic language learners, especially for second-level students to the end of the Arabic Language Education study program, State University of Jakarta. The combined research method of Research and Development (R&D) with the development model of Borg & Gall is applied in this study. There are ten stages of research in this model, namely problem identification, gathering information, product design, design validation, design improvement, product testing, product revision, widespread use trial, final product revision, and mass production. The researcher limits the research stages into several stages, namely 1) problem identification, 2) collecting information on student needs, 3) product design, 4) product design validation to media experts and material experts, 5) product design improvements, and 6) trials. micro-scale products. Collecting data using observation techniques and questionnaires. This research was conducted at the State University of Jakarta, Rawamangun, East Jakarta, Special Capital Region of Jakarta. The study began on October 24, 2020, until July 4, 2021. A total of 25 respondents from the 2016 to 2020 class students also filled out the questionnaire. The design that has been made based on the needs of the respondents is validated so that it gets a percentage of 93.65% which means it is very feasible but with some notes of improvement. After the design improvement, the product prototype was tested on a micro-scale. 16 students participated in testing the product and assessing it so that the product was declared very feasible after getting a total score of 91.4%. Based on the results of these studies, it is shown that the prototype of the Arabic-Indonesian Electronic Dictionary development product is generally feasible to use so that the product can be refined and developed in the future.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Mohamad Sarip, M.A. ; 2). Hendrawanto, M.Pd., M.A. |
Subjects: | Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Arab |
Divisions: | FBS > S1 Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Users 11316 not found. |
Date Deposited: | 02 Sep 2021 04:34 |
Last Modified: | 02 Sep 2021 04:34 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/18115 |
Actions (login required)
View Item |