PENGAJARAN BAHASA ARAB DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 KOTA BOGOR (PENELITIAN ETNOGRAFI)

MUHAMMAD INSAN FAHMI, . (2013) PENGAJARAN BAHASA ARAB DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 KOTA BOGOR (PENELITIAN ETNOGRAFI). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi yang jelas tentang Pembelajaran bahasa Arab Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Bogor. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dan etnografi dengan tehnik pengumpulan data melalui observasi lapangan, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan di Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Bogor dan dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2013/2014. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran bahasa Arab di kelas 2 Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Bogor berjalan dengan baik dan positif, baik dari segi tujuan, materi, kegiatan, metode, media maupun kegiatan evaluasi. Meskipun demikian, pembelajaran bahasa Arab di sekolah ini tidak luput dari kendal-kendala seperti kurangnya kemampuan siswa dalam berbicara bahasa Arab. Adapun kurikulum dan silabus yang digunakan guru Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Bogor di kelas 2 agama adalah kurikulum lama tahun 2008 (KTSP). Tujuan pembelajaran bahasa Arab di Madrasah Aliyah Negeri 2 Bogor ini adalah Selain siswa bertujuan agar mampu berbicara bahasa arab dengan baik dan benar sesuai dengan tata bahasa, dan juga dapat menumbuhkan kesadaran pentingnya bahasa arab menjadi alat utama dalam mengkaji sumber-sumber ajaran islam. Pada umumnya, siswa hanya mampu berdialog bahasa arab sehari-hari dengan kosakata yang sudah tidak asing lagi bagi mereka. Tetapi ketika dihadapkan dengan kosakata yang asing dan berkaitan dengan pengetahuan umum secara luas, mereka akan terbentur dengan ketidakmampuan dan ketidakpahaman. Dengan memberikan materi pelajaran bahasa arab yang meliputi pengetahuan umum seperti; dunia cakrawala, dunia wisata, dan kebudayaan, maka diharapkan mereka akan mampu menguasai bahasa Arab secara dialog (komunikasi) dalam sehari-hari dan bahasa Arab yang berkaitan dengan pengetahuan umum. Metode yang digunakan dalam pembelajaran disesuaikan dengan materi pelajaran, yaitu metode gramatikal terjemah digunakan pada materi membaca dan tata bahasa, metode alami digunakan pada materi insya, metode samiyah safawiyah digunakan pada materi membaca dan muhadasah, metode langsung digunakan pada materi muhadasah. Adapun materi bersumber dari buku "Ta'limatul Lughotil 'Arabiyah" karangan Dr. D. Hidayat, MA. Buku ini merupakan buku wajib dalam pengajaran bahasa Arab di Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota bogor. Adapun media yang digunakan seorang guru di dalam pembelajaran bahasa arab di Madrasah Aliyah Negeri 2 Bogor sangat bervariatif. Diantaranya menggunakan media Audio, media visual dan media audio visual. Sedangkan sytem evaluasi pengajaran bahasa arab yang diadakan guru di Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Bogor pada materi percakapan guru menggunakan uji lisan dan tulisan, dan pada materi membaca guru menggunakan uji tulis dan lisan, dan materi mendengar guru menggunakan uji tulis, dan materi menulis guru menggunakan tes ejaan, tes menyusun kalimat, dan menghubungkan kalimat-kalimat. Dari kegiatan pengajaran bahasa arab diambil dari pengamatan penelitian belajar siswa di dalam kelas yang di dalamnya terdiri dari kegiatan awal (Pembukaan), kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Adapun kegiatan tambahan yang diadakan guru Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Bogor berupa muhadarah dan kegiatan tambahan untuk mempelajari bahasa di luar jam pelajaran untuk mempermudah pemahaman bahasa Arab. Implikasi penelitian ini adalah sebagai masukan bagi seluruh pengajar Bahasa Arab, khususnya bagi mereka yang mengajar pada tingkat sekolah menengah, yaitu dengan menerapkan metode yang baik dan sesuai dengan tingkat perkembangan siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Arab
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Rima Safitri .
Date Deposited: 25 Nov 2019 11:55
Last Modified: 25 Nov 2019 11:55
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/1816

Actions (login required)

View Item View Item