HUBUNGAN MOTOR EDUCABILITY DAN PERCAYA DIRI DENGAN HASIL BELAJAR RENANG GAYA BEBAS PADA SISWA PUTRA KELAS X SMA BUDI MULIA UTAMA

Aditiya Noval Pratama, . (2017) HUBUNGAN MOTOR EDUCABILITY DAN PERCAYA DIRI DENGAN HASIL BELAJAR RENANG GAYA BEBAS PADA SISWA PUTRA KELAS X SMA BUDI MULIA UTAMA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI ADITIYA NOVAL PRATAMA.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk megetahui hubungan motor educability dan percaya diri dengan hasil belajar renang gaya bebas pada siswa putra kelas X SMA Budi Mulia Utama. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan juni 2016. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan analisis dengan korelasi sederhana dan berganda. Populasi dari penelitian ini adalah siswa putra kelas X SMA Budi Mulia Utama yang berjumlah 60 dan untuk dijadikan sampel peneliti dengan Random Sampling sebanyak 30 orang. Metode statistik dalam menganalisa data penelitian ini menggunakan korelasi sederhana dan korelasi berganda yang diujikan dengan tabel r, sedangkan instrumen penelitian terdiri dari tes motor educability dengan menggunakan IOWA BRACE TEST, Percaya diri menggunakan tes percaya diri melalui angket, dan nilai hasil belajar renang gaya bebas menggunakan tes renang gaya bebas. Analisis data penelitian ini α 0,05 diperoleh hasil sebagai berikut : (1) terdapat hubungan motor educability dengan hasil belajar renang gaya bebas diperoleh nilai korelasi (rx1y) = 0,64 dengan koefesien determinasi = 0,4096 yang berarti sumbangan motor educability dengan hasil belajar renang gaya bebas adalah = 40,96%, (2) terdapat hubungan percaya diri dengan hasil belajar renang gaya bebas (rx2y) = 0,73 dan koefesien determinasi = 0,5329 yang berarti sumbangan percaya diri dengan hasil belajar renang gaya bebas adalah = 53,29%, dan (3) terdapat hubungan motor educability dan percaya diri dengan hasil belajar renang gaya bebas diperoleh nilai korelasi (rx1-2y) = 0,88 dan koefesien determinasi = 0,7744 yang berarti sumbangan motor educability dan percaya diri dengan hasil belajar renang gaya bebas secara bersama sama adalah = 77,44%. Berdasarkan hasil analisa data tersebut, maka hasil penelitian ini dapat disimpulkan, terdapat hubungan positif motor educability dengan hasil belajar renang gaya bebas, terdapat hubungan positif percaya diri dengan hasil belajar renang gaya bebas, dan terdapat hubungan positif secara bersama-sama motor educability dan percaya diri dengan hasil belajar renang gaya bebas pada siswa putra kelas X SMA Budi Mulia Utam

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Setyo Purwanto, M,Pd ; 2). Del Asri, S.Si
Subjects: Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Seni Pertunjukan
Divisions: FIO > Penjaskesrek
Depositing User: Users 29 not found.
Date Deposited: 11 Oct 2019 14:43
Last Modified: 11 Oct 2019 14:43
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/186

Actions (login required)

View Item View Item