PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF ALAT INDRA PENDENGARAN BERBASIS LITERASI SAINS PADA MUATAN IPA UNTUK KELAS IV SEKOLAH DASAR

NOVI ALAWIYAH, . (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF ALAT INDRA PENDENGARAN BERBASIS LITERASI SAINS PADA MUATAN IPA UNTUK KELAS IV SEKOLAH DASAR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (259kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (507kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (343kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (694kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (145kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (203kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan media pembelajaran interaktif berbasis literasi sains pada muatan IPA dengan materi Alat Indra Pendengaran untuk Kelas IV Sekolah Dasar. Dengan tujuan dapat memperkenalkan dan menumbuhkan kemampuan literasi sains saat usia Sekolah Dasar. Pengambilan sampel menggunakan validasi produk dengan pengisin kuesioner oleh ahli media, ahli materi, ahli bahasa, dan peserta didik kelas IV Sekolah Dasar sebanyak 3 orang peserta didik. Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Uji coba pengguna hanya dapat dilaksanakan pada uji one to one yang terdiri dari lima peserta didik Kelas IV Sekolah Dasar yang berdomisili dekat dengan peneliti, dikarenakan masih dalam keadaan panedemi covid – 19. Hasil penelitian oleh ahli media sebesar 94.25%, ahli materi sebesar 97,6%, dan ahli bahasa sebesar 96,6%. Hasil uji coba pengguna mendapatkan nilai rata – rata 95,2%. Dengan demikian, media pembelajaran interaktif terkategorikan sangat baik dan dinyatakan layak digunakan dalam pembelajaran muatan IPA kelas IV Sekolah Dasar. This research and development aims to develop and produce interactive learning media based on science literacy on science content with Hearing Sense Tool material for Grade IV Elementary School. With the aim of introducing and fostering the ability of science literacy at elementary school age. Sampling using product validation by filling out questionnaires by media experts, material experts, linguists, and grade IV elementary school students as many as 3 students. The development model used is the ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation) model. User trials can only be conducted in a one-to-one test consisting of three Grade IV elementary school students who live close to researchers, because they are still in a state of pandemic covid - 19. The results of research by media experts by 94.25%, material experts by 97.6%, and linguists by 96.6%. User trial results get an average score of 95,2%. Thus, interactive learning media is very well categorized and declared worthy of use in the learning of science content in grade IV elementary school.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Yetty Auliaty, M.Pd ; 2). Dra. Rosinar Siregar, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 12055 not found.
Date Deposited: 07 Sep 2021 02:29
Last Modified: 07 Sep 2021 02:29
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/18898

Actions (login required)

View Item View Item