PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION BERBASIS MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN DAN GAME EDUKASI TERHADAP SELF EFFICACY SISWA KELAS X SMK N 17 JAKARTA

GABRIELLA JESSI SITOHANG, . (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION BERBASIS MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN DAN GAME EDUKASI TERHADAP SELF EFFICACY SISWA KELAS X SMK N 17 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (403kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (521kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (768kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (707kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (372kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (678kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini membahas perbedaan efikasi diri siswa kelas X SMK N 17 Jakarta dari penerapan model pembelajaran PBI dengan bantuan dua media pembelajaran yang berbeda yaitu video pembelajaran yang diterapkan pada kelas eksperimen dan game edukasi (quizizz) pada kelas kontrol. Beberapa batasan masalah dalam penelitian ini antara lain, luas lingkup hanya meliputi informasi yang diperoleh dari hasil penerapan model pembelajaran PBI dengan dua media berbeda pada efikasi diri siswa, informasi yang disajikan, yaitu : model pembelajaran problem based instruction, media pembelajaran yang digunakan untuk mendukung penerapan model PBI yaitu video pembelajaran dan game edukasi, perbedaan efikasi diri siswa. Tujuan dari penelitian adalah untuk mencari bukti apakah benar terdapat perbedaan efikasi diri siswa setelah diterapkannya model pembelajaran PBI dengan bantuan dua media berbeda. Berdasarkan uji hipotesis data yang dilakukan dengan membandingkan skor angket self efficacy antara kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh kesimpulan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara efikasi diri siswa pada kedua kelas tersebut. Skor rata-rata efikasi diri pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol, sehingga untuk kedepannya penggunaan media video pembelajaran dalam mendukung penerapan model PBI dapat dijadikan alternatif selama penyelenggaraan online learning untuk mendukung efikasi diri siswa. Kata kunci : Self Efficacy, Model Problem Based Instruction, Video Pembelajaran, Game Edukasi This study discusses the differences in self-efficacy of class X students at SMK N 17 Jakarta from the application of the PBI learning model by using two different learning media. The media used in this research are learning videos which applied to the experimental class and educational games (quizizz) in the control class. The limitations of the problem in this study include, the broad scope only includes information obtained from the results of the application of the PBI learning model with two different media on student self-efficacy, the information presented, includes : application of the PBI learning model with learning video media and educational games, differences in student self-efficacy. The purpose of the study was to find evidence of whether there was a difference in student self-efficacy after the implementation of the PBI learning model with the help of two different media. Based on the data hypothesis test conducted by comparing the scores of the self-efficacy between the experimental class and the control class, it was concluded that there was a significant difference between the students' self-efficacy in both classes. The average score of self-efficacy in the experimental class is higher than the control class, so that in the future the use of learning video media can be one of the best alternative during the implementation of PBI learning model to support student self-efficacy. Keywords: Self Efficacy, Problem Based Instruction Model, Learning Video, Educational Game

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Ati Sumiati, S.Pd., M.Si. ; 2). Santi Susanti, S.Pd., M.Ak.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Pendidikan Kejuruan dan Sekolah Kejuruan
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 12335 not found.
Date Deposited: 02 Sep 2021 03:34
Last Modified: 02 Sep 2021 03:34
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/18976

Actions (login required)

View Item View Item