CAESAR JULIANTO, . (2016) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR TEKNIK PEMROGRAMAN (Studi Eksperimen pada Peserta Didik Kelas X TAV SMKN 5 Jakarta). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
CAESAR JULIANTO (5215111742) SKRIPSI.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar peserta didik dan perbedaan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran teknik pemrograman dengan menggunakan strategi pembelajaran problem based learning dengan strategi pembelajaran langsung di SMK Negeri 5 Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah true experiment dengan desain penelitian yang digunakan yaitu “post-test only control group design”. Populasi dalam peneitian ini adalah seluruh peserta didik jurusan Teknik Audio Video (TAV). Sampel diambil sebanyak 2 kelas dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling. Kelas X TAV 2 sebagai kelas kontrol dan kelas X TAV 3 sebagai kelas eksperimen. Sedangkan untuk mengetahui perbedaan hasil belajarnya digunakan teknik analisis data uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Strategi pembelajaran problem based learning dapat mempengaruhi hasil belajar peserta didik dengan rata�rata hasil belajar sebesar 78,36 (eksperimen) dan 72,93 (kontrol); (2) Ada perbedaan hasil belajar peserta didik menggunakan strategi pembelajaran problem based learning dengan menggunakan pembelajaran langsung dengan thitung sebesar 2,284. Dengan nilai ttabel 2,002 pada taraf signifikan α = 5%. Dari hasil tersebut didapat bahwa nilai thitung > ttabel.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Ir. Rusmono, M.Pd ; 2). Drs. Mufti Ma’sum, M.Pd. |
Subjects: | Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Elektronika |
Divisions: | FT > S1 Pendidikan Teknik Elektronika |
Depositing User: | Users 10553 not found. |
Date Deposited: | 18 Oct 2021 04:51 |
Last Modified: | 18 Oct 2021 04:51 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/21219 |
Actions (login required)
View Item |