PENGGUNAAN MULTIMEDIA MICROSOFT POWERPOINT DAPAT MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN SEDERHANA SISWA KELAS IV SDN KEDAUNG KALI ANGKE 06 JAKARTA BARAT

Yunie Puji Dianti, . (2017) PENGGUNAAN MULTIMEDIA MICROSOFT POWERPOINT DAPAT MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN SEDERHANA SISWA KELAS IV SDN KEDAUNG KALI ANGKE 06 JAKARTA BARAT. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Jurnal Skripsi.pdf

Download (74kB)
[img] Text
Skripsi.pdf

Download (12MB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi awal pada pembelajaran bahasa Indonesia tentang menulis karangan sederhana siswa kelas IV SDN Kedaung Kali Angke 06, Jakarta Barat, ditemukan permasalahan bahwa selama pembelajaran, guru masih menggunakan metode ceramah yang membuat siswa kurang aktif, siswa juga merasa kesulitan dalam menuangkan ide dalam bentuk kalimat dan mengembangkannya menjadi sebuah karangan. Hasilnya hanya 23 % atau 8 dari 34 siswa yang memenuhi KKM yang ditentukan sekolah, yaitu ≥70. Untuk itu peneliti melakukan penelitian tindakan kelas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan sederhana melalui penggunaan multimedia microsoft powerpointsiswa kelas IV SDN Kedaung Kali Angke 06, Jakarta Barat. Penelitian ini dilakukan pada bulan Mei 2017 dengan subjek penelitian siswa kelas IV-A yang berjumlah 34 siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan model Kemmis dan Taggart, yangterdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian dilakukan dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan multimedia microsoft powerpoint dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan sederhana siswa kelas IV-A SDN kedaung Kali Angke, Jakarta Barat. Peningkatan keterampilan menulis karangan sederhana terjadi karena (1) pembelajaran yang disajikan oleh guru dalam bentuk multimedia microsoft powerpoint lebih menarik, (2) siswa lebih fokus pada materi pelajaran, (3) siswa lebih mudah dalam mengembangkan ide dan gagasannya dalam bentuk tulisan. Peningkatan keterampilan menulis karangan sederhana ditunjukkan dengan meningkatnya presentase siswa kelas IV-A yang mencapai KKM (70) pada tiap siklus. Pada siklus I siswa yang mendapat nilai ≥70 berjumlah 13 siswa atau 38% dari 34 siswa. Dan pada siklus II menjadi 29 siswa atau 85,3%. Peningkatan juga trjadi pada kualitas aktivitas guru dan siswa. Pada siklus I kualitas guru mencapai 60% dan aktivitas siswa mencapai 67%. Pada siklus II kualitas aktivitas guru meningkat menjadi 92% dan aktivitas siswa menjadi 90%. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa penggunaan multimedia microsoft powerpoint berhasil meningkatkan keterampilan menulis karangan sederhana siswa kelas IV-A SDN Kedaung Kali Angke 06, Jakarta Barat. Kata kunci:Keterampilan menulis karangan sederhana, pembelajaran Bahasa Indonesia, multimedia microsoft powerpoint, siswa kelas IV SD Based on the results of observation on early language learning Indonesia about writing a simple essay grade IV SDN Kedaung Kali Angke 06, West Jakarta, found that problems during learning, teachers still use the lecture method of making students less active, students also feel difficulty in pouring the idea in the form of sentences and expanding it into a wreath. The result is only 23% or 8 of the 34 students who meet the specified school, KKM is ≥ 70. For it researchers do research action class. The purpose of this research is to improve a simple essay writing skills through the use of microsoft powerpoint multimedia grade IV SDN Kedaung Kali Angke 06, West Jakarta. This research was conducted in may 2017 with the subject of research grade IV-A of 34 students. The research method used is the class action Research model Kemmis and Taggart, which consists of planning, action, observation, and reflection. The research was conducted in two cycles. The results showed that use of multimedia can enhance microsoft powerpoint skills to write a simple essay grade IV-A SDN kedaung Kali Angke 06, West Jakarta. Simple essay writing skills improvement occurred because of (1) learning presented by the teacher in the form of multimedia microsoft powerpoint more interesting, (2) students focus more on the subject matter, (3) the student easier in developing an idea and the idea in the form of writing. Simple essay writing skills improvement is demonstrated by the growing percentage of the class IV-A student who achieved the KKM (70) on each cycle. On cycle I students who got a value ≥ 70 numbered 13 students or 38% of 34 students. And in cycle II becomes 29 students or 85,3%. The increase was also trjadi on the quality of the activity of the teachers and students. On teacher quality I achieve cycle 60% and 67% reaching student activity. Cycle II quality teacher activity increased to 92% and 90% of the students become activity. The results of the study showed that the use of microsoft powerpoint multimedia managed to improve the writing skills of a simple bouquet of grade IV-A SDN Kedaung Kali Angke 06, West Jakarta. Keywords: simple essay writing skills, Indonesia Bahasa learning, multimedia microsoft powerpoint, grade IV Elementary School

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Juhana Sakmal, M.Pd 2). Dra. Marwati Mansyur, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 12 Nov 2021 06:02
Last Modified: 12 Nov 2021 06:02
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/21417

Actions (login required)

View Item View Item