BEJO SUTRISNO, . (2019) PENGARUH TEKNIK PEMBELAJARAN KOOPERATIF DAN TIPE KEPRIBADIAN TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS ESAI BAHASA INGGRIS (Studi Eksperimen pada Mahasiswa Program Studi Sastra Inggris STIBA-IEC Jakarta). Doktor thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
1 COVER 2019.pdf Download (84kB) |
|
Text
2 ABSTRACT & ABSTRAK.pdf Download (129kB) |
|
Text
11 BAB I.pdf Download (184kB) |
|
Text
11 BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (576kB) | Request a copy |
|
Text
11 BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (438kB) | Request a copy |
|
Text
11 BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (578kB) | Request a copy |
|
Text
11 BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (163kB) | Request a copy |
|
Text
12 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (151kB) |
Abstract
The aim of this study is to find out the effect of cooperative learning techniques and personality types on English essay writing skill. This study was conducted at Sekolah Tinggi Bahasa Asing (STIBA) – IEC Jakarta for the fourth semester in the academic year 2016/2017. It was an experimental study with the quantitative approach. 32 samples were collected and rated by three raters. The research findings showed: (1) students’ English essay writing skill taught with Think-Pair-Share (TPS) technique was higher than with Student Team Achievement Division (STAD) technique; (2) English essay writing skill on introvert personality type was higher than extrovert personality type; (3) there was interaction effect between learning techniques and personality type toward English essay writing skill; (4) students with introvert type taught with TPS technique was higher than those taught with STAD technique; (5) students with extrovert type taught with TPS technique was lower than those taught with STAD technique; (6) students with introvert type were higher than those with extrovert type taught with TPS technique; and (7) students with introvert type were lower than those with extrovert type taught with STAD technique. ********** Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh teknik pembelajaran kooperatif dan tipe kepribadian terhadap keterampilan menulis esai bahasa Inggris. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Tinggi Bahasa Asing (STIBA) – IEC Jakarta pada tahun akademik 2016/2017 melalui metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Terpilih 32 sampel hasil tulisan esai mahasiswa yang dinilai oleh tiga penilai. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) keterampilan menulis esai bahasa Inggris mahasiswa yang diajar dengan teknik pembelajaran Think-Pair-Share (TPS) lebih tinggi daripada kelompok mahasiswa yang diajar dengan teknik pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD); (2) keterampilan menulis esai bahasa Inggris pada tipe kepribadian introvert lebih tinggi dibanding dengan tipe kepribadian ekstrovert; (3) terdapat pengaruh interaksi antara teknik pembelajaran dan tipe kepribadian terhadap keterampilan menulis esai bahasa Inggris; (4) pada mahasiswa yang memiliki tipe kepribadian introvert diajar dengan teknik TPS lebih tinggi daripada yang diajar dengan teknik STAD; (5) pada mahasiswa yang memiliki tipe kepribadian ekstrovert diajar dengan teknik TPS lebih rendah daripada yang diajar dengan teknik STAD. Hal ini dikarenakan teknik STAD lebih cocok diterapkan pada mahasiswa yang bertipe kepribadian ekstrovert; (6) pada mahasiswa yang memiliki tipe kepribadian ekstrovert diajar dengan teknik TPS lebih tinggi dari mahasiswa yang memiliki tipe kepribadian ekstrovert; dan (7) pada mahasiswa yang memiliki tipe kepribadian introvert diajar dengan teknik STAD lebih rendah dari mahasiswa yang memiliki tipe kepribadian ekstrovert.
Item Type: | Thesis (Doktor) |
---|---|
Additional Information: | 1). Prof.Dr. Yumna Rasyid, M.Pd. ; 2). Prof.Dr. Aceng Rahmat, M.Pd. |
Subjects: | Bahasa dan Kesusastraan > Linguistik Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Inggris |
Divisions: | PASCASARJANA > S3 Linguistik Terapan |
Depositing User: | Rima Safitri . |
Date Deposited: | 15 Nov 2021 06:31 |
Last Modified: | 15 Nov 2021 06:31 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/21440 |
Actions (login required)
View Item |