PENINGKATAN PERILAKU BERTANGGUNG JAWAB ANAK MELALUI BERCERITA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PANGGUNG BONEKA (Penelitian Tindakan di Kelompok B1 TK Strada Dewi Sartika II Cengkareng Jakarta Barat, 2018)

DOMINIKA SRISUWARSRI, . (2019) PENINGKATAN PERILAKU BERTANGGUNG JAWAB ANAK MELALUI BERCERITA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PANGGUNG BONEKA (Penelitian Tindakan di Kelompok B1 TK Strada Dewi Sartika II Cengkareng Jakarta Barat, 2018). Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (102kB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (15kB)
[img] Text
11. BAB I.pdf

Download (25kB)
[img] Text
12. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (475kB) | Request a copy
[img] Text
13. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (104kB) | Request a copy
[img] Text
14. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (102kB) | Request a copy
[img] Text
15. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (14kB) | Request a copy
[img] Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (30kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan perilaku bertanggung jawab anak melalui bercerita dengan menggunakan media panggung boneka. Penelitian ini dilaksanakan di TK Strada Dewi Sartika II Cengkareng Jakarta Barat, dimulai bulan Agustus-September 2017 dengan subjek penelitian sebanyak 20 orang anak dan menggunakan satu orang pengamat. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan dengan mengacu pada model penelitian tindakan dari Kemmis dan Taggart, terdiri atas dua siklus yang terdiri atas delapan tindakan. Analisis data menggunakan action research. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa tanggung jawab anak mengalami peningkatan setelah diterapkan bercerita dengan menggunakan media panggung boneka Skor tanggung jawab anak pada pra siklus sebesar 28,65 siklus I sebesar 34,35, dan siklus II sebesar 40,6. Hasil tersebut memberikan implikasi bahwa perilaku bertanggung jawab dapat ditingkatkan melalui penerapan bercerita dengan menggunakan panggung boneka. Implikasi dari temuan penelitian ini adalah, penggunaan panggung boneka pada pembelajaran hendaknya membutuhkan dekorasi dan boneka yang berbeda dalam setiap penampilan. Saran, guru diharapkan lebih banyak memberikan kesempatan kepada anak untuk melakukan aktivitas yang dapat menstimulasi perilaku bertanggung jawab anak melalui bercerita dengan penggunaan media panggung boneka. *********** AJG RWTRQUG QH VJKU UVWF[ YCU VQ FGVGTOKPG VJG KPETGCUG KP EJKNFTGP]U responsibility behavior through storytelling by using puppet stage media. This research was conducted in Strada Dewi Sartika II Cengkareng kindergarten, West Jakarta, starting in August-September 2017 with 20 research subjects and using two observers. The method used is action research by referring to the action research model of Kemmis and Taggart, consisting of two cycles consisting of eight actions. Data analysis uses action research. Qualitative data is obtained through observations during the implementation of action interventions through field notes, while quantitative data is obtained by comparing the average scores of the initial assessment and final assessment. The results showed an increase in the responsibilities of Strada Dewi Sartika II kindergarten children using the storytelling method. Data analysis techniques in this study are qualitative data analysis and quantitative data analysis. The results showed that children's responsibility had increased after being applied to stories using puppet media. The score of the pre-cycle children's responsibilities was 28.65 in the first cycle 34.35, and the second cycle 40.6. This result implies that responsibility can be improved through the application of storytelling using the puppet stage. The implication of this research finding is that the use of the puppet stage in learning should require different decorations and dolls in each appearance. Suggestions, teachers are expected to provide more opportunities for children to conduct activities that can stimulate children's responsibility behavior with the use of media puppet stage.

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Prof.Dr.dr. Myrnawati Crie Handini, MS,PKK ; 2). Dr. Yuliani Nurani, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar > Pendidikan Anak
Divisions: PASCASARJANA > S2 Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Rima Safitri .
Date Deposited: 18 Nov 2021 07:46
Last Modified: 18 Nov 2021 07:46
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/21528

Actions (login required)

View Item View Item