MANDASARI HANAFIANTI, . (2015) PEMBUATAN MATERI DAN MEDIA TENTANG ENERGI ALTERNATIF PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM BERBASIS FILM ANIMASI DI MADRASAH IBTIDAIYAH AL-IHSAN CONDET. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
SKRIPSI-MANDASARI H.-5235111846.pdf Restricted to Registered users only Download (18MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk membuat materi dan media tentang energi alternatif berbasis film animasi yang mudah dipahami oleh siswa di MI Al-Ihsan Condet. Responden dari penelitian ini adalah siswa kelas IV di MI AL-Ihsan. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan ADDIE. Langkah-langkah yang terdapat dalam model pengembangan ADDIE terdiri dari, yaitu: (1) Analisis, yaitu menganalisis permasalahan dan kebutuhan; (2) Desain, yaitu mempelajari permasalahan kemudian memilih materi dan media berupa film animasi lalu merancangnya menjadi solusi dari permasalahan tersebut; (3) Pengembangan, yaitu mulai membuat atau memproduksi film animasi; (4) Implementasi, yaitu menerapkan film animasi dalam proses pembelajaran; (5) Evaluasi, yaitu melakukan penilaian terhadap film animasi yang dilakukan oleh ahli materi, ahli media, dan responden (siswa). Berdasarkan data yang diambil terhadap responden (siswa) berupa skala sikap dan tes formatif didapatkan hasil dari berbagai aspek, diantaranya, yaitu: aspek kualitas tampilan/tayangan memperoleh skor 82 %, aspek minat dan perhatian memperoleh skor 87 %, dan aspek respon terhadap isi materi memperoleh skor 56 %. Dari hasil pengujian terhadap siswa yang diperoleh secara keseluruhan, materi dan media tentang energi alternatif berbasis film animasi dapat dikategorikan “baik”. Akan tetapi, terdapat kesenjangan antara aspek respon terhadap isi materi dengan dua aspek lainnya. Skor yang diperoleh dalam aspek respon terhadap isi materi jauh lebih rendah jika dibandingkan dengan aspek kualitas tampilan/tayangan serta aspek minat dan perhatian yang mendapatkan penilaian yang sangat besar dari siswa. Saran yang diberikan terkait penilaian ini adalah perlu dianalisis faktor yang mempengaruhi hasil respon siswa terhadap isi materi yang rendah, mengingat persepsi siswa dalam ketertarikan terhadap media film animasi yang digunakan tinggi. Selain itu, dalam pembuatan film animasi, perlu dengan benar menguasai teknik menggambar agar lebih bisa mengaplikasikan prinsip animasi lebih banyak lagi ke dalam film animasi.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Prasetyo Wibowo Yunanto, M.Eng., ; 2). Mochammad Djohar, M.T. |
Subjects: | Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Komputer |
Divisions: | FT > S1 Pendidikan Teknik Informatika Komputer |
Depositing User: | Users 10553 not found. |
Date Deposited: | 22 Nov 2021 01:59 |
Last Modified: | 22 Nov 2021 01:59 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/21551 |
Actions (login required)
View Item |