BERMAIN PERAN ANAK USIA DINI (Studi Fenomenologi di TK Bhayangkari 29 Kota Jambi)

FATMA ASMI AGUS, . (2019) BERMAIN PERAN ANAK USIA DINI (Studi Fenomenologi di TK Bhayangkari 29 Kota Jambi). Doktor thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
3. RINGKASAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
9. BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
10. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
11. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
12. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
13. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

The aim of this research is to obtain information about the dramatic play with an fenomenology study in TK Bhayangkari 29 Jambi The data were collected through participant observation using interview, observation, document study and recording. The evaluation tecnigue of study validity is conducted with criteria of validity level, dependency, and assurance. Meanwhile, data analysis process includes: arrangement, array, classification, coding, and categorizing the data obtained fron various sources, field records, response, and documentation. This research found that learning with dramatic play method will be able to develop multy intelligence dan childrens linguistic intelligence. Because by the dramatic play, children will gain various vocalbularies, sentences, communicate, and practice to write. Therefore, this research recommends to use dramatic play in learning children in orther to development their linguistic intelligence. ******* Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi mendalam tentang pembelajaran bermain peran pada anak usia dini, sebuah studi fenomenologi di TK Bhayangkari 29 kota Jambi. Data penelitian ini dikumpulkan melalui pengamatan berperan serta dengan cara wawancara, observasi, dokumentasi dan catatan lapangan. Teknik pengujian keabsahan data dilakukan dengan kriteria tingkat kredibilitas, kebergantungan dan kepastian. Sedangkan proses analisis data meliputi; mengatur, mengurutkan, mengelompokkan, memberi kode dan mengkategorikan data yang diperoleh dari sumber seperti catatan lapangan, tanggapan dan dokumentasi. Penelitian ini menemukan hasil bahwa pembelajaran anak usia dini dengan metode bermain peran dapat membantu mengembangkan kecerdasan jamak dan juga kecerdasan linguistik secara khusus pada anak karena dengan bermain peran, anak melakukan berbagai kegiatan secara fisik maupun non fisik, mendapat berbagai kosa kata, kalimat, dan berdialog/komunikasi serta berlatih menulis secara luas dan kreatif. Oleh karena itu penelitian ini merekomendasikan perlunya pembelajaran dengan metode bermain peran pada anak usia dini guna meningkatkan kecerdasan jamak dan secara khusus kecerdasan linguistiknya, sehingga anak mampu menghadapi dan menyelesaikan berbagai permasalahannya

Item Type: Thesis (Doktor)
Additional Information: 1). Prof.Dr. Makruf Akbar ; 2). Prof.Dr. Soegeng Santoso, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan > Pendidikan Anak
Divisions: PASCASARJANA > S3 Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Rima Safitri .
Date Deposited: 24 Nov 2021 07:41
Last Modified: 24 Nov 2021 07:41
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/21600

Actions (login required)

View Item View Item