PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS FLASH MATERI POKOK PENGEMASAN PRODUK PADA MATA PELAJARAN DESAIN MULTIMEDIA DI SMK PGRI 1 BALARAJA KABUPATEN TANGERANG

RIZKY ISTIYONO, . (2016) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS FLASH MATERI POKOK PENGEMASAN PRODUK PADA MATA PELAJARAN DESAIN MULTIMEDIA DI SMK PGRI 1 BALARAJA KABUPATEN TANGERANG. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
00 FULL SKRIPSI_RIZKY ISTIYONO_5235107388.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Pendidikan memegang peranan kunci dalam pengembangan sumber daya manusia dan insan yang berkualitas. Kemajuan pendidikan di Indonesia secara kuantitas cukup menggembirakan, akan tetapi secara kualitas pengembangannya masih belum merata. Pada salah satu mata pelajaran kejuruan multimedia, yaitu desain multimedia kompetensi dasar menerapkan pengemasan produk multimedia interaktif dalam pembelajaran pembentukan desain kemasan, dapat diketahui bahwa peserta didik mengalami kendala pada mata pelajaran yang bersangkutan. Setelah bertanya kepada peserta didik, terdapat beberapa dari mereka beranggapan bahwa pembelajaran pembuatan desain kemasan merupakan mata pelajaran yang mereka masih rasa kurang untuk dipahami dan sebagian dari mereka ada yang belum mengerti baik dari bahan ajar materi (teori) maupun (video tutorial) yang diberikan oleh pendidik sebelum praktik. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berupa video pembelajaran yang berbasis flash pada mata pelajaran desain multimedia untuk peserta didik kelas XI SMK PGRI 1 Balaraja Kabupaten Tangerang, untuk mengetahui kualitas media serta sebagai alat bantu pendidik dalam memberikan materi berupa video pembelajaran yang berbasiskan flash dalam pembelajaran pembentukan desain kemasan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) dan model pengembangan ADDIE. Subyek penelitian yaitu peserta didik kelas XI Multimedia yang diambil sampel secara simple random sampling. Data yang diambil adalah kelayakan dari segi materi dan media serta tanggapan peserta didik melalui angket atau instrumen. Tanggapan ahli menunjukkan media berbasis flash sangat baik dari segi media dan bagus dari segi materi. Hasil angket tanggapan peserta didik pada uji coba sampel menunjukkan bahwa mayoritas peserta didik memberikan tanggapan positif terhadap kegiatan pembelajaran menggunakan media berbasis flash. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa media berbasis flash sesuai dan layak diterapkan pada mata pelajaran desain multimedia.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Yuliatri Sastrawijaya, M.Pd. ; 2). Hamidillah Ajie, S.Si., MT
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Informatika Komputer
Depositing User: Hartati .
Date Deposited: 30 Nov 2021 09:31
Last Modified: 30 Nov 2021 09:31
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/21678

Actions (login required)

View Item View Item