TATA BAHASA DALAM BUKU AJAR “VOILA LE FRANCAIS 1”

Alviana Rizqi Suryanto, . (2019) TATA BAHASA DALAM BUKU AJAR “VOILA LE FRANCAIS 1”. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
01.COVER.pdf

Download (75kB)
[img] Text
02.ABSTRAK DAN ABSTRACT.pdf

Download (271kB)
[img] Text
03.LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (709kB)
[img] Text
04.LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (429kB)
[img] Text
07.KATA PENGANTAR.pdf

Download (78kB)
[img] Text
08.DAFTAR ISI.pdf

Download (57kB)
[img] Text
09.BAB 1.pdf

Download (168kB)
[img] Text
10.BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (246kB)
[img] Text
11.BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (145kB)
[img] Text
12.BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (582kB)
[img] Text
13.BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (40kB)
[img] Text
14.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (275kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pemaparan tata bahasa pada buku ajar Voilà le Français 1 yaitu dengan menentukan pendekatan tata bahasa yang digunakan penulis buku dalam memaparkan tata bahasa pada tiap materi pelajaran yang terdapat dalam buku tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Objek yang diteliti adalah Buku Ajar Voilà le Français 1 pada bagian Coin de grammaire. Penelitian ini memfokuskan pada pemaparan tata bahasa yang disajikan dalam buku Voilà le Français 1. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendekatan tata bahasa yang digunakan dalam buku Voilà le Français 1 adalah pendekatan deduktif dan pendekatan induktif. Dari 18 materi tata bahasa yang dipaparkan terdapat 16 materi tata bahasa yang menggunakan pendekatan deduktif dan 2 materi yang dijelaskan menggunakan pendekatan induktif. Dari hasil tersebut menandakan bahwa pendekatan tata bahasa yang paling banyak digunakan dalam buku Voilà le Français 1 adalah pendekatan deduktif. Meskipun demikian terdapat 7 materi tata bahasa yang menggunakan kedua teori tersebut bersamaan. Hasil penelitian ini nantinya dapat memberikan informasi tambahan kepada pembaca untuk menggunakan pendekatan tata bahasa yang tepat ketika mengajarkan tata bahasa pada siswa Sekolah Menengah Atas

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Sri Harini Ekowati, M.Pd ; 2). Dra. Dian Savitri, M.Pd
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Perancis
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Perancis
Depositing User: Users 10553 not found.
Date Deposited: 13 Dec 2021 06:17
Last Modified: 13 Dec 2021 06:17
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/21802

Actions (login required)

View Item View Item