PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN SELF EFFICACY TERHADAP HASIL BELAJAR MENULIS BAHASA INGGRIS MAHASISWA FKIP UNIVERSITAS HALU OLEO

LA ODE NGGAWU, . (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN SELF EFFICACY TERHADAP HASIL BELAJAR MENULIS BAHASA INGGRIS MAHASISWA FKIP UNIVERSITAS HALU OLEO. Doktor thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1.Cover.pdf

Download (372kB)
[img] Text
2.Abstrak Indonesia & English.pdf

Download (147kB)
[img] Text
3.Ringkasan.pdf

Download (444kB)
[img] Text
11. Bab I.pdf

Download (325kB)
[img] Text
12.Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (694kB) | Request a copy
[img] Text
13.Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (723kB) | Request a copy
[img] Text
14. Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (623kB) | Request a copy
[img] Text
15. Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (138kB) | Request a copy
[img] Text
16. Daftar Pustaka.pdf

Download (293kB)

Abstract

Penelitian ini fokus pada model pembelajaran Self Regulated Learning dan Pembelajaran Langsung dengan Self Efficacy mahasiswa terhadap hasil belajar menulis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran dan self efficacy terhadap hasil belajar menulis bahasa inggris. Penelitian ini dilkasanakan pada Jurusan Bahasa Inggris FKIP Universitas Halu Oleo Kendari sejak Oktober 2017 sampai dengan Januari 2018. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan menggunakan disain by level 2 x 2. Sampel penelitian ini sebanyak 62 mahasiswa yang dipilih secara random. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Anova dua jalan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) hasil belajar menulis Bahasa Inggris mahasiswa yang diberi model pembelajaran Self-Regulated Learning lebih tinggi dari pada hasil belajar menulis Bahasa Inggris mahasiswa yang diberi model pembelajaran langsung; (2) terdapat pengaruh interaksi yang signifikan antara model pembelajaran dengan Self Efficacy terhadap hasil belajar menulis bahasa Inggris mahasiswa; (3) hasil belajar menulis Bahasa Inggris mahasiswa yang diberi model pembelajaran Self-Regulated Learning lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar menulis Bahasa Inggris mahasiswa yang diberi model pembelajaran langsung pada kelompok yang memiliki Self Efficacy tinggi.; dan (4) hasil belajar menulis Bahasa Inggris mahasiswa yang diberi model pembelajaran Self-Regulated Learning lebih rendah dari pada hasil belajar menulis Bahasa Inggris mahasiswa yang diberi model pembelajaran langsung pada kelompok yang memiliki Self Efficacy rendah. ********** This research discussed about Self Regulated learning and Dirrected Learning with the students Self Efficacy toward writing learning outcomes. The objectives of this research were to determine the effects of instructional models and self efficacy toward writing learning outcomes. This research conducted at English Department Halu Oleo University Kendari during Oktober 2017 until January 2018, and used a quasiexperimental method with a 2x2 by level design. A sample of 62 students was randomly chosen. Data were analyzed using two way ANOVA and t-dunnet. The results showed that: (1) students’ writing learning outcomes who uses Self Regulated Learning model are better than direct instruction; (2) there is a significant interaction between instructional models and self efficacy; (3) students’ writing learning outcomes with higher self efficacy who uses Self Regulated Learning model are higher than direct instruction; (4) students’ writing learning outcomes with lower self efficacy who uses Self Regulated Learning model are lower than direct instruction.

Item Type: Thesis (Doktor)
Additional Information: 1). Prof.Dr. Moch. Syarif Sumantri, M.Pd. ; 2). Dr. Khaerudin, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Inggris
Divisions: PASCASARJANA > S3 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Rima Safitri .
Date Deposited: 13 Dec 2021 07:23
Last Modified: 13 Dec 2021 07:23
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/21812

Actions (login required)

View Item View Item