Makna Konotatif Teks dan Gambar yang Terdapat dalam Brosur Non Komersial dengan Tema „Hilfetelefon Gewalt gegen Frauen“

DWI FAYA PRATIWI, . (2019) Makna Konotatif Teks dan Gambar yang Terdapat dalam Brosur Non Komersial dengan Tema „Hilfetelefon Gewalt gegen Frauen“. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
01 COVER.pdf

Download (355kB)
[img] Text
02 ABSTRAK.pdf

Download (168kB)
[img] Text
03 LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (385kB)
[img] Text
04 LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (390kB)
[img] Text
07 KATA PENGANTAR.pdf

Download (514kB)
[img] Text
08 DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (255kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (330kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (234kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (848kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (178kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA TIWI.pdf

Download (97kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui makna konotatif melalui teks dan gambar yang ada di dalam 4 brosur dengan tema „Hilfetelefon Gewalt gegen Frauen“ yang diterbitkan dalam laman Bundesministerium für Familien, Senioren, Frauen und Jugend (BMFSFJ). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan analisis iklan dan peneliti sebagai instrumen. Data penelitian ini adalah teks dan gambar yang terdapat di dalam brosur tersebut. Brosur dianalisis dengan menggunakan unsur-unsur pembentuk iklan yang terdiri dari 5 bagian, yaitu Schlagzeile, Flieβtext, Slogan, Produktname dan besondere Formen von Textelementen. Pada bagian besondere Formen von Textelementen terdapat das Key-Visual atau gambar yang dianalisis. Setelah menghubungkan das Key-Visual dengan unsur pembentuk iklan lainnya, maka makna konotatif yang terbentuk pada keempat brosur ini adalah bahwa setiap gambar yang ada pada das Key-Visual adalah perempuan-perempuan yang menjadi korban dari tindakan kekerasan oleh suami dan partnernya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat keterkaitan antara satu unsur dengan unsur pembentuk iklan yang lain dalam mencari makna konotatif yang ingin disampaikan ke empat brosur ini. Teks dan gambar yang ada di dalam brosur tidak bisa berdiri sendiri sehingga tidak bisa dipahami jika tidak saling dihubungkan. Makna konotatif tersebut dapat ditemukan setelah menghubungkan beberapa unsur seperti teks dan gambar. Brosur-brosur ini bertujuan untuk bersama-sama mencari dan memberikan solusi atas pertanyaan yang ada pada Schlagzeile. Kesimpulan yang didapat adalah dalam mencari makna konotatif, dibutuhkan beberapa unsur pembentuk iklan yang harus dihubungkan, karena teks dan gambar brosur memiliki hubungan timbal balik yang erat dalam menyampaikan makna konotatif brosur. Namun tidak semua unsur pembentuk iklan dalam ke empat brosur ini mengandung makna konotatif. Slogan, Inserts dan Additions dalam brosur ini dianalisis hanya dengan menggunakan makna denotatif saja. Teknik yang digunakan dalam menghubungkan teks dan gambar dalam brosur ini adalah mutual determination, yaitu teks yang mengarahkan interpretasi gambar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: Dra. Erna Triswantini M.Pd
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Jerman
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Users 10553 not found.
Date Deposited: 20 Dec 2021 02:29
Last Modified: 15 Jun 2022 07:05
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/21890

Actions (login required)

View Item View Item