Fildzah Sukma Awanis, . (2019) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS DENGAN MENGGUNAKAN IMLA MANQUL DAN MANDZUR UNTUK PEMULA (Penelitian Tindakan Kelas Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Negeri Jakarta). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
Abstrak dan Abstract.pdf Download (234kB) |
|
Text
Bab I.pdf Download (1MB) |
|
Text
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
Cover Skripsi.pdf Download (182kB) |
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (232kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (278kB) |
|
Text
Kata Pengantar.pdf Download (155kB) |
|
Text
Lembar Pengesahan.pdf Download (982kB) |
|
Text
Lembar Pernyataan Orisinalitas.pdf Download (691kB) |
|
Text
Lembar Persetujuan Publikasi.pdf Download (747kB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk memperoleh deskripsi yang jelas mengenai peningkatan keterampilan menulis dengan menggunakan imla manqul dan mandzur untuk pemula di Program Studi Pendidikan Bahasa Arab di Universitas Negeri Jakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Dan subyek penelitian ini adalah mahasiswa program studi pendidikan Bahasa Arab universitas negeri Jakarta dengan jumlah 15 mahasiswa. Dan penelitian tindakan kelas ini adalah penelitian berkala atau bersiklus. Penelitian ini megacu pada jenis penelitian Kemmis dan Mc Taggart. Berikut tahapan penelitian ini adalah : perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan evaluasi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Nilai yang dicapai oleh mahasiswa selama penelitian berlangsung yaitu nilai pra siklus adalah 28,6 dan nilai ujian siklus 1 adalah 58,6 dan nilai ujian siklus 2 adalah 75,3. Terdapat peningkatan nilai dari pretest ke ujian siklus 1 yaitu 30. Dan peningkatan dari siklus 1 ke siklus 2 yaitu 16,7. Imla manqul dan imla mandzur adalah dua tahapan utama dalam pembelajaran imla sebelum dua tahapan akhir yaitu imla masmu dan ikhtibari. Adapun dalam penelitian ini membahas langkah-langkah dalam penerapan imla manqul dan mandzur dan peningkatan nilai mahasiswa dalam keterampilan menulis khususnya dalam pelajaran imla. Pembahasan ini dapat diaplikasikan dalam pelajaran keterampilan menulis disekolah atau di universitas pada mahasiswa pemula yang belum belajar bahasa Arab agar memudahkan mereka dalam meningkatkan keterampilan menulis dengan baik.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Syamsi Setiadi M.Pd ; 2). Dr. Muhammad Kamal M.A |
Subjects: | Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Arab |
Divisions: | FBS > S1 Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Users 10553 not found. |
Date Deposited: | 23 Dec 2021 01:06 |
Last Modified: | 23 Dec 2021 01:06 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/21936 |
Actions (login required)
View Item |