PEMBELAJARAN ORIENTASI DAN MOBILITAS KELAS I SD DENGAN HAMBATAN MDVI DI SLB A PEMBINA TINGKAT NASIONAL (Studi Deskriptif Pada Kegiatan Makan di Kelas I SD MDVI SLB A Pembina Tingkat Nasional)

FIKRI LABIB RABANI, . (2018) PEMBELAJARAN ORIENTASI DAN MOBILITAS KELAS I SD DENGAN HAMBATAN MDVI DI SLB A PEMBINA TINGKAT NASIONAL (Studi Deskriptif Pada Kegiatan Makan di Kelas I SD MDVI SLB A Pembina Tingkat Nasional). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi Fikri.pdf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian studi deskriptif kualitatif ini bertujuan untuk menggali data dalam pembelajaran OM pada kegiatan makan bagi peserta didik dengan hambatan penglihatan yang di sertai hambatan lain. Responden dalam penelitian ini adalah siswa kelas I SD MDVI, guru di kelas MDVI, dan kepala sekolah SLB A Pembina Tingkat Nasional dengan total responden sebanyak 4 orang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi yang dianalisis menggunakan refleksi analisis, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran OM pada kegiatan makan bagi peserta didik dengan hambatan penglihatan yang di sertai hambatan lain di SLB A Pembina Tingkat Nasional berpengaruh positif terhadap kemampuan OM peserta didik kelas I SD MDVI. Hasil ini menunjukan bahwa kegiatan makan dapat di jadikan salah satu upaya untuk mengembangkan keterampilan OM peserta didik MDVI. Oleh sebab itu, guru perlu mengetahui kemampuan dan kebutuhan setiap peserta didik sehingga dapat merancang kegiatan yang sesuai bagi setiap peserta didik dalam keterampilan OM.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Marja, M.Pd 2) Dr. Trisna Mulyeni, M.Sc
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Khusus
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 09 Dec 2019 12:11
Last Modified: 09 Dec 2019 12:11
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/2194

Actions (login required)

View Item View Item