PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X JURUSAN AKUNTANSI SMK PGRI 1 JAKARTA

WIRDHA ANNISA LAKSMI, . (2017) PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X JURUSAN AKUNTANSI SMK PGRI 1 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi - Wirdha Annisa Laksmi 8105133215 FE.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa Kelas X Jurusan Akuntansi SMK PGRI 1 Jakarta. Penelitian ini dilakukan di SMK PGRI 1 Jakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan pendekatan korelasi.Pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan teknik pengambilan sampel Probability Sampling. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 89 siswa. Teknik analisis data menggunakan uji persamaan regresi, dan uji korelasi. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa terdapat pengaruh secara parsial antara lingkungan belajar dengan hasil belajar. Hasil uji menunjukkan bahwa thitung 8,578 lebih besar dari ttabel 1,988. Terdapat pengaruh secara parsial antara motivasi belajar dengan hasil belajar. Hasil uji menunjukkan bahwa thitung 4,730 lebih besar dari ttabel 1,988. Lingkungan belajar dan motivasi belajar memiliki pengaruh terhadap hasil belajar secara simultan. Hasil uji menunjukkan bahwa fhitung 53,185 lebih besar dari ftabel 3,100. Lingkungan belajar dan motivasi belajar memiliki hasil koefisien determinasi (R2) sebesar 55,3%. Lingkungan belajar dan hasil belajar memiliki pengaruh positif dan signifikan. Motivasi belajar dan hasil belajar memiliki pengaruh positif dan signifikan. Sehingga, hipotesis penelitian ini diterima.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Santi Susanti, S.Pd, M.Ak 2) Dra. Sri Zulaihati, M.Si
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 03 Jan 2022 06:21
Last Modified: 03 Jan 2022 06:21
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/22028

Actions (login required)

View Item View Item