PENGARUH MOTIVASI, NORMA SUBJEKTIF, DAN CITRA DESTINASI TERHADAP NIAT MENGUNJUNGI PULAU LOMBOK SEBAGAI DESTINASI SYARIAH DI KAWASAN SUDIRMAN CENTRAL BUSINESS DISTRICT (SCBD)

ULFA FARIDA, . (2017) PENGARUH MOTIVASI, NORMA SUBJEKTIF, DAN CITRA DESTINASI TERHADAP NIAT MENGUNJUNGI PULAU LOMBOK SEBAGAI DESTINASI SYARIAH DI KAWASAN SUDIRMAN CENTRAL BUSINESS DISTRICT (SCBD). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI ULFA FIX.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada karyawan yang bekerja di kawasan sudirman central business district (SCBD), selama enam bulan terhitung sejak Januari 2017 sampai dengan Juni 2017. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah ada pengaruh positif dan signifikan motivasi terhadap niat mengunjungi Pulau Lombok, pengaruh positif dan signifikan norma subyektif terhadap niat mengunjungi Pulau Lombok dan pengaruh positif dan signifikan citra destinasi terhadap niat mengunjungi Pulau Lombok pada karyawan yang bekerja di kawasan sudirman central business district (SCBD). Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik Convenience Sampling sebanyak 240 karyawan. Persamaan regresi yang dihasilkan adalah Ŷ = 31,328 + 0.713X1 untuk variabel motivasi, Ŷ = 25,468 + 0.781X2 untuk variabel norma subyektif, Ŷ = 24,733 + 0.699X3 untuk variabel citra destinasi. Uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas dengan menggunakan Uji Kolmogorov Smirnov dengan hasil pengujian dapat diketahui nilai Asymp. Sig niat mengunjungi Pulau Lombok (Y) sebesar 0,080, nilai Asymp. Sig motivasi (X1) sebesar 0,448, nilai Asymp. Sig norma subyektif sebesar 0,283 dan nilai Asymp. Sig. citra destinasi Sebesar 0,350. Karena data mempunyai signifikansi lebih besar dari 0,05 maka data tersebut disimpulkan berdistribusi normal. Uji asumsi klasik menggunakan uji multikolinieritas dan uji heteroskedastisitas menunjukkan bahwa tidak terjadi masalah multikoliniearitas dan heteroskedastisitas, sehingga dapat dikatakan bahwa persamaan regresi yang baik dan ideal dapat terpenuhi. Selanjutnya dilakukan uji t dan dihasilkan thitung 11,956> ttabel1,96 untuk motivasi (X1), 11,745> ttabel1,96 untuk norma subyektif (X2), dan 12,112> ttabel1,96 untuk citra destinasi (X3). Dengan demikian, dapat disimpulkan dari hasil perhitungan uji t tersebut, maka terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi ke niat mengunjungi, norma subjektif ke niat mengunjungi, dan citra destinasi ke niat mengunjungi. Koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 37,5% untuk motivasi, 36,7% untuk norma subyektif dan 38,1% untuk citra destinasi, hal ini menunjukan variabel niat mengunjungi Pulau Lombok ditentukan oleh motivasi, norma subyektif dan citra destinasi sebesar nilai koefisien determinasi yang sudah disebutkan. This research is conducted on employees who work in the region sudirman central business district (SCBD), for six months from Januari 2017 to June 2017. The purpose of this study was to determine whether there is a positive and significant influence on the motivation of Lombok Island preference, positive influence and significant subjective norms towards Lombok Island noble intentions and positive and significant influence destination image about Lombok Island intentions on employees who work in the region sudirman central business district (SCBD). The research method used is survey method with quantitative approach. The sampling technique used is convenience technique as many as 240 employees. The resulting regression equation is Ŷ = 31,328 + 0.713X1 for the motivation variable, Ŷ = Ŷ = 25,468 + 0.781X2 for subjective norm variable, Ŷ = 24,733 + 0.699X3 for destination image variable. Testing analysis by Kolmogorov Smirnov test with the test results can be known Asymp value. Sig intention on Lombok Island (Y) is 0.080, Asymp value. Sig motivation (X1) of 0.448, Asymp value. Sig subjective norm (X2) of 0,283and Asymp value. Sig. destination image (X3) of 0.350. Because the data has a significance greater than 0.05 then the data is inferred normal distribution. Classic cropping test using multicollinearity test and heteroscedasticity test showed no multicollinearity and heteroscedasticity problem, so it can be said that good and ideal regression equation can be fulfilled. Then t test and tcount 11,956> ttable 1,96 for motivation (X1), 11,745> ttable 1,96 for subjective norm (X2), and 12,112> ttable 1,96 for destination image (X3). Thus, it can be concluded from the results of the t test calculation, then there is a positive and significant relationship between motivation to the intention, subjective norms to the intention, and the destination image to the intention. The coefficient of determination increased by 37,5% for motivation, 36,7% for subjective norm and 38,1% for destination image, it shows that Lombok Island affection variable is determined by motivation, subjective norm and attitude on things that have been determined.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Usep Suhud, Ph. D 2) Dra. Rohyati, M.Pd
Subjects: Manajemen > Manajemen , Business
Divisions: FE > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 05 Jan 2022 04:10
Last Modified: 05 Jan 2022 04:10
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/22061

Actions (login required)

View Item View Item