PENGARUH PENGGUNAAN E-BOOK INTERAKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMA PADA MATERI SISTEM SARAF PADA MANUSIA

TIARA ARISENDA KHARISMANINGTYAS, . (2017) PENGARUH PENGGUNAAN E-BOOK INTERAKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMA PADA MATERI SISTEM SARAF PADA MANUSIA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
3415133073-Tiara Arisenda K.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan e-book interaktif terhadap hasil belajar siswa SMA pada materi sistem saraf pada manusia. E-book interaktif adalah sebuah bentuk buku digital yang dapat dibuka secara elektronik melalui komputer yang didalamnya terdapat animasi, video, gambar interaktif, dan audio. E-book interaktif yang digunakan adalah e-book yang berasal dari Kemendikbud, Penelitian ini dilakukan di SMAN 91 Jakarta Tahun Ajaran 2016/2017 dengan metode kuasi eksperimen yang menggunakan desain post-test only control group design. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 2 yang berjumlah 31 orang sebagai kelompok eksperimen yang menggunakan e-book interaktif sebagai media pembelajaran dan XI IPA 2 yang berjumlah 31 orang sebagai kelompok kontrol yang menggunakan buku cetak sebagai sumber belajar. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Simple Random Sampling. Uji prasyarat menunjukkan data berdistribusi normal dan homogen. Analisis data posttest yang diperoleh menggunakan uji-t adalah nilai signifikansi lebih kecil dari α, yaitu 0,0001 < 0,05. Hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan e-book interaktif terhadap hasil belajar siswa SMA pada materi sistem saraf manusia This research was aimed to know the influence of using interactive e-book toward high school student learning outcomes in human nervous system material. An interactive e-book is a digitally-formed book that can be opened through a computer in which there are animations, video, interactive images, and audio can be sound. The interactive e-book used is an e-book derived from Ministry of Education and Culture (Kemendikbud). This research was conducted at SMAN 91 Jakarta in the academic year 2016/2017 by quasi experiment method and post-test only control group design. The sample of this research were 31 students of class XI IPA 2 which used interactive e-book as experimental group and 31 students of class XI IPA 2 which used printed book as control group. Sampling was done with Simple Random Sampling technique. The data were normally distributed and homogeneous. Analysis of posttest generated by t-test has smaller significance value than α (0.001< 0.05). Therefore, high school students’ learning outcomes in human nervous system material is highly influenced by the usage of interactive e-book.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1)Drs. Refirman Dj., M. Biomed 2)Sri Rahayu, M. Biomed
Subjects: Sains > Ilmu Bumi > Biologi
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 07 Jan 2022 08:10
Last Modified: 07 Jan 2022 08:10
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/22101

Actions (login required)

View Item View Item