PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI (STUDI EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS X DI SMAN 91 JAKARTA TAHUN AJARAN 2017/2018)

TEUKU YASIN ADEAGAM FACHREZA, . (2017) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI (STUDI EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS X DI SMAN 91 JAKARTA TAHUN AJARAN 2017/2018). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
8105133171_skripsi.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi yang tepat mengenai pengaruh media pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dan motivasi belajar terhadap hasil belajar. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 91 Jakarta. Metode yang digunakan adalah eksperimen dengan jenis eksperimen semu. Pengumpulan data menggunakan teknik kuesioner dan tes hasil belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 91 Jakarta yang berjumlah 252 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling dengan mengambil kelas eksperimen dan kelas kontrol. Data dari variabel Motivasi Belajar (X2) merupakan data primer berbentuk kuesioner dan data dari variabel hasil belajar ekonomi merupakan data primer berbentuk soal tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas dan uji homogenitas serta uji hipotesis menggunakan uji anava dua jalur. Berdasarkan hasil analisis data diketahui terdapat perbedan hasil belajar ekonomi antara media pembelajaran berbasis TIK dan media pembelajaran berbasis konvensional pada siswa kelas X SMA Negeri 91 Jakarta, dapat dilihat dari hasil analisis data yang menunjukan nilai F hitung antar kolom = 13.24 ternyata lebih besar dari F tabel yaitu sebesar 3.28 (Fo = 13.24 > Ft = 3.28) dengan taraf signifikansi α = 0.05. selanjutnya terdapat juga perbedaan hasil belajar ekonomi antara aiswa yang memiliki motivasi tinggi dan siswa yang memiliki motivasi rendah pada siswa kelas X SMA Negeri 91 Jakarta, hal ini dapat dilihat dari nilai F hitung antar baris = 29.19 ternyata lebih besar dari F tabel yaitu sebesar 3.28 (Fo = 29.19 > Ft = 3.28) dengan taraf signifikansi α = 0.05. Kemudian tidak terdapat interaksi antara media pembelajaran dengan motivasi belajar terhadap hasil belajar ekonomi pada siswa kelas X SMA Negeri 91 Jakarta, hal ini dapat dilihat dari nilai F hitung interaksi = 0.304 ternyata lebih kecil dari F tabel yaitu sebesar 3.28 (Fo = 0.304 < Ft = 3.28) dengan taraf signifikansi α = 0.05. Hasil penelitian membuktikan penggunaan media pembelajaran berbasis TIK memberikan hasil lebih baik daripada penggunaan media pembelajaran berbasi konvensional terhadap hasil belajar ekonomi pada siswa kelas X SMA Negeri 91 Jakarta. This study aims to obtain appropriate information about the The influence of learning media based on information and communication technology (ICT) and motivation to study of the results of economic learning on X grade students in SMAN 91 Jakarta . The method used is an experiment with a kind of quasi experiment. Data collection using questionnaires and test results. The population in this study are the students of class X SMA Negeri 91 Jakarta, amounting to 252 students. The sampling technique used random sampling by taking experimental class and control class. Data from Learning Motivation variables (X2) is the primary data in the form of questionnaires and data from the variables of economic learning outcomes is the primary data in the form of test questions. Data analysis technique used is normality test and homogeneity test and hypothesis test using two path anava test. Based on the results of data analysis known that there are differences in the results of economic learning between ICT-based learning media and conventional-based learning media in the class X students SMA Negeri 91 Jakarta, can be seen from the results of data analysis shows the value of F arithmetic between columns = 13.24 was larger than F table That is equal to 3.28 (Fo = 13.24> Ft = 3.28) with significance level α = 0.05. Furthermore there are also differences in economic learning outcomes between students who have high motivation and students who have low motivation in students class X SMA 91 Jakarta, this can be seen from the value of F arithmetic between rows = 29.19 was larger than F table that is equal to 3.28 ( Fo = 29.19> Ft = 3.28) with significance level α = 0.05. Then there is no interaction between the learning media with the motivation to learn the economic learning outcomes in the class X students SMA Negeri 91 Jakarta, this can be seen from the value of F arithmetic interaction = 0.304 was smaller than F table that is equal to 3.28 (Fo = 0.304 <Ft = 3.28) with significance level α = 0.05. The research results proved the use of ICT-based learning media provides better results than the use of conventional berbasi-based learning media on economic learning outcomes in students of class X SMA 91 Jakarta.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Ari Saptono, SE, M.Pd 2) Dr. Siti Nurjanah, SE, M.Si
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 07 Jan 2022 08:21
Last Modified: 07 Jan 2022 08:21
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/22103

Actions (login required)

View Item View Item