Nuri Humaeroh, . (2019) The Variation of Participant Roles Function of Two Children’s Animal Encyclopedia Entries: A Systemic Functional Linguistics Perspective. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
1. COVER HALAMAN DEPAN.pdf Download (157kB) |
|
Text
2. ABSTRAK & ABSTRACT.pdf Download (146kB) |
|
Text
3. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf Download (177kB) |
|
Text
4. LEMBAR ORISINALITAS & PUBLIKASI.pdf Download (154kB) |
|
Text
6. KATA PENGANTAR.pdf Download (182kB) |
|
Text
7. DAFTAR ISI.pdf Download (143kB) |
|
Text
11. a. Bab 1.pdf Download (207kB) |
|
Text
11. b. Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (401kB) |
|
Text
11. c. Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (212kB) |
|
Text
11. d. Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (268kB) |
|
Text
11. e. Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (145kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa bervariasi penggunaan peserta dan fungsinya dalam mewujudkan makna dalam ensiklopedia hewan anak-anak. Dalam kerangka linguistik fungsional sistemik terutama dalam aspek Analisis Transitivitas, penelitian ini menerapkan pendekatan kualitatif dan analisis isi sebagai metode penelitian. Data tersebut adalah 341 klausa yang dikumpulkan dari sepuluh entri dari teks yang sama di Encyclopedia of Knowledge: A Complete Guide to Almost Everything dan The Little Animal Encyclopedia. Teks dipecah menjadi klausa dan setiap klausa diklasifikasikan menjadi bagian dari proses, peserta, keadaan, dan hubungannya dengan sistem transitivitas. Setelah mengklasifikasikan klausa, analisis dilanjutkan untuk mengidentifikasi jenis dan peran peserta serta aspek fungsionalnya dalam klausa sebagai representasi pengalaman. Peran peserta yang banyak ditemukan adalah aktor, tujuan, pembawa, dan atribut, memiliki kontribusi besar untuk memberikan informasi faktual tentang perilaku hewan, habitat, dan fitur fisik. Selain itu, ditemukannya berbagai kata / hal yang digunakan oleh penulis sebagai realisasi dari peserta. Ini menunjukkan bahwa masing-masing peran peserta dapat diterapkan tidak hanya pada satu aspek fungsi dan membantu pembaca untuk memahami fungsi bahasa yang ditulis dalam ensiklopedia hewan anak-anak. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan lebih banyak pemahaman kepada pembaca, terutama anak-anak, tentang hewan dan bagaimana kita harus memperlakukan mereka. Selain itu, penelitian ini diharapkan dapat memandu para guru untuk memperkenalkan jenis teks sebagai bahan pembelajaran bagi siswa dan referensi bagi mereka yang ingin melakukan penelitian dalam topik yang sama terkait dengan variasi pada jenis teks report lainnya.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). I Wayan Darya M.A. ; 2). Dr. Muchlas Suseno M.Pd |
Subjects: | Bahasa dan Kesusastraan > Linguistik |
Divisions: | FBS > S1 Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Users 10553 not found. |
Date Deposited: | 11 Jan 2022 05:41 |
Last Modified: | 11 Jan 2022 05:41 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/22137 |
Actions (login required)
View Item |