Syifana Nurul Khairunnisa, . (2019) THE VARIATION OF NOMINAL GROUP IN TWO CHILDREN’S ENCYCLOPEDIA ENTRIES: A SYSTEMIC FUNCTIONAL LINGUISTICS PERSPECTIVE. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
01._Cover_Halaman_Depan[1].pdf Download (73kB) |
|
Text
02._Abstrak_-_Abstract[1].pdf Download (91kB) |
|
Text
03.Lembar_Persetujuan[1].pdf Download (583kB) |
|
Text
04._Lembar_Orisinalitas[1].pdf Download (377kB) |
|
Text
05._Lembar_Pernyataan_Publikasi[1].pdf Download (547kB) |
|
Text
07._Kata_Pengantar[1].pdf Download (84kB) |
|
Text
08._Daftar_Isi[1].pdf Download (77kB) |
|
Text
11A._Bab_1[1].pdf Download (112kB) |
|
Text
11B._Bab_2[1].pdf Restricted to Registered users only Download (109kB) |
|
Text
11C._Bab_3[1].pdf Restricted to Registered users only Download (126kB) |
|
Text
11D._Bab_4[1].pdf Restricted to Registered users only Download (259kB) |
|
Text
11E._Bab_5[1].pdf Restricted to Registered users only Download (82kB) |
|
Text
12._Daftar_Pustaka[1].pdf Download (113kB) |
Abstract
Kelompok nomina adalah bagian dari Systemic Functional Linguistics (SFL) yang memiliki fungsi eksperiensial yang memiliki berbagai macam struktur. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis variasi penggunaan struktur pada kelompok nomina yang ada pada dua judul ensiklopedia anak. Data untuk penelitian ini diambil dari klausa pada 20 sub-judul di ensiklopedia anak. Sumber data berasal dari dua ensiklopedia anak, “Encyclopedia of Knowledge: A Complete Guide to Almost Everything” dan “The Little Animal Encyclopedia”. Penelitian ini menggunakan sudut pandang Systemic Functional Linguistic untuk mengidentifikasi participants, process, circumstances, conjunctions, dan adjuncts. Hasil dari analisis menunjukkan bahwa “Encyclopedia of Knowledge: A Complete Guide to Almost Everything” dan “The Little Animal Encyclopedia” memiliki keberagaman dalam penggunaan struktur kelompok nomina. Sedangkan setiap elemen kelompok nomina di kedua ensiklopedia memiliki fungsi yang sama, kecuali pada sub-bab Amphibians dan Reptiles di “The Little Animal Encyclopedia”, penulis menggunakan kata ganti “you” untuk bagian project yang mengacu kepada pembaca. Peneliti menyarankan penggunaan ensiklopedia sebagai salah satu bahan ajar yang dapat digunakan karena terdapat untuk keberagaman dalam segi isi serta struktur kelompok nomina yang dapat diperkenalkan dalam proses belajar mengajar
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). I Wayan Darya, M.A ; 2). Dr. Muchlas Suseno, M.Pd |
Subjects: | Bahasa dan Kesusastraan > Linguistik |
Divisions: | FBS > S1 Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Users 10553 not found. |
Date Deposited: | 28 Jan 2022 04:52 |
Last Modified: | 28 Jan 2022 04:52 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/22278 |
Actions (login required)
View Item |