PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK PADA PEMBELAJARAN JARAK JAUH TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMP NEGERI 86 JAKARTA

TIARA HAMZANI PUTRI, . (2021) PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK PADA PEMBELAJARAN JARAK JAUH TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMP NEGERI 86 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (459kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (996kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (651kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (477kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (552kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh pendekatan saintifik pada pembelajaran jarak jauh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP Negeri 86 Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah metode quasi experiment dengan post-test only control group design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan untuk menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah teknik purposive sampling dan cluster random sampling. Kelas tersebut juga telah memenuhi syarat dalam uji normalitas, homogenitas, dan kesamaan rata-rata. Instrumen penelitian yang digunakan adalah hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi bangun ruang sisi datar. Instrumen tes berbentuk soal uraian yang terdiri dari enam soal yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis diperoleh nilai t_hitung=3,785>t_tabel=1,669, maka tolak H_0 pada taraf signifikansi α=0,05. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pendekatan saintifik pada pembelajaran jarak jauh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP Negeri 86 Jakarta. Berdasarkan perhitungan besar pengaruh diperoleh d=0,9, dengan presentase sebesar 82% yang termasuk ke dalam kategori besar. This study aims to determine whether there is an effect of the scientific approach in distance learning to the ability of mathematical problem solving of students at 86 Junior High School Jakarta. The research method used is a quasi-experimental method with a post-test only control group design. The sampling technique used to determine the experimental class and control class is purposive sampling technique and cluster random sampling. The class has also fulfilled the requirements in the tests of normality, homogeneity, and average similarity. The research instrument used was the result of the students' mathematical problem solving ability test on the material of polyhedron. The test instrument is in the form of a description question consisting of six questions that have been tested for validity and reliability. The hypothesis testing is conducted by using t-test. Based on the results of hypothesis testing, the value of t_count=3,785>t_table=1,669, thus H_0 is rejected at the significance α=0,05. This shows that there is an influence of the scientific approach in distance learning to the ability of mathematical problem solving of students at 86 Junior High School Jakarta. Based on the calculation of the magnitude of the influence obtained d = 0.9, with a percentage of 82% which is falls under in the large category.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Makmuri, M.Si. ; 2). Siti Rohmah Rohimah, S.Pd., M.Si.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Sains > Matematika
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 13321 not found.
Date Deposited: 22 Feb 2022 05:26
Last Modified: 22 Feb 2022 05:26
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/22490

Actions (login required)

View Item View Item