Hendrika Cahyana, . (2018) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA IPA BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA MATERI PERUBAHAN SIFAT BENDA UNTUK KELAS V SEKOLAH DASAR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
3. Lempar Persetujuan.pdf Download (519kB) |
|
Text
1. Cover.pdf Download (171kB) |
|
Text
4. Lembar Originalitas.pdf Download (472kB) |
|
Text
7. Daftar Isi.pdf Download (95kB) |
|
Text
11. BAB I-V.pdf Download (977kB) |
|
Text
13. lampiran.pdf Download (13MB) |
Abstract
Tujuan penelitian pengembangan ini adalah untuk lembar kerja siswa IPA pada materi perubahan sifat benda yang berbasis contextual teaching and learning di kelas V sekolah dasar. Penelitian dilaksanakan di SDN Jatimakmur 1 Bekasi, SDN Bahagia 02 Bekasi, dan SDN Bahagia 05 Bekasi. Responden dalam penelitian ini meliputi dari satu dosen ahli materi, satu dosen ahli media, satu dosen ahli bahasa, guru kelas V sebanyak 2 orang, dan peserta didik kelas V di SDN Jatimakmur 1 Bekasi sebanyak 23 peserta didik, peserta didik kelas V di SDN Bahagia 02 Bekasi sebanyak 10 peserta didik dan peserta didik kelas V di SDN Bahagia 05 Bekasi sebanyak 10 peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (R&D), dengan model pengembangan Borg and Gall yaitu penelitian dan pengumpulan data, perencanaan, pengembangan draf produk, uji coba lapangan awal, merevisi hasil uji coba lapangan, uji coba lapangan, penyempurnaan produk hasil uji lapangan, uji pelaksanaan lapangan, penyempurnaan produk akhir. Pengumpulan data dilakukan teknik evaluasi formatif meliputi tahap develop preliminary form of product, preliminary field testing, main field testing dan operational field testing. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lembar kerja siswa IPA berbasis contextual teaching and learning sangat baik dan dapat mempermudah peserta didik dalam memahami materi. Implikasi dari penelitian ini adalah lembar kerja siswa IPA materi perubahan sifat benda dapat memfasilitasi peserta didik untuk menghubungkan antara materi IPA dengan kehidupan sehari-hari dan mengasah keterampilan berpikir tingkat tinggi.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1) Dr. Sutrisno, M.Pd 2) Drs. Julius Sagita M.Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 16 Dec 2019 09:31 |
Last Modified: | 16 Dec 2019 09:31 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/2312 |
Actions (login required)
View Item |