CHRISTIEN ELMA, . (2022) ANALYSIS OF CULTURAL DIMENSION IN THE TWELVE GRADE ENGLISH TEXTBOOK ENTITLED BUKU BAHASA INGGRIS KELAS XII. (2013 CURRICULUM). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text
BAB 1 - CE.pdf Download (333kB) |
|
Text
BAB 2 - CE.pdf Restricted to Registered users only Download (285kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3 - CE.pdf Restricted to Registered users only Download (326kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4 - CE.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5 - CE.pdf Restricted to Registered users only Download (233kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA - CE.pdf Download (342kB) |
|
Text
LAMPIRAN - CE.pdf Restricted to Registered users only Download (638kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP - CE.pdf Restricted to Registered users only Download (140kB) | Request a copy |
Abstract
Pembelajaran budaya mempunyai makna yang penting dalam pembelajaran bahasa Inggris karena mempelajari suatu bahasa berarti mempelajari suatu budaya. Buku teks adalah salah satu media penting dalam pembelajaran bahasa inggris yang digunakan oleh guru dan siswa. Penelitian ini dilakukan untuk mengembangkan material pembelajaran yang lebih baik, khususnya untuk memberikan lebih banyak pengetahuan tentang dimensi budaya dalam Negara siswa sendiri (Indonesia) dan budaya negara-negara lain, sehingga tidak akan ada kekosangan pengetahuan budaya yang bisa membuat siswa kehilangan identitas budaya Negara mereka sendiri. Penilitian ini bertujuan untuk menganalisis jenis dimensi budaya di dalam buku teks bahasa inggris berjudul Bahasa Inggris Kelas XII (kurikulum 2013). Peneliti menggunakan deskriptiv konten analisis dalam menganalisa data. Data penelitian ini yaitu semua teks tulisan dan gambar yang terdapat di buku teks ini. Data dikumpulkan melalui dokumen konten analisi, lalu data tersebut dibagi-dibagi menjadi beberapa seksi kategori, table dan mengambil kesimpulan. Untuk menunjukan dimensi budaya apa yang terdapat dalam buku teks ini, data dibagi kedalam 4 kategori dimensi: produk, persepektif, practice dan person (Moran, 2001). Untuk menunjukan jenis budaya apa yang terdapat dalam buku teks ini, data dibagi kedalam 4 kategori jenis budaya: budaya lokal, budaya sasaran, budaya internasional dan budaya universal. Hasil penelitian pada buku teks ini menemukan bahwa produk dimensi budaya adalah yang paling dominan (86 kali/43%), lalu diikuti oleh practice dimensi (46 kali, 22%), person dimensi (40 kali/20%), dan perspektif dimensi (31 kali/15%). Selanjutnya untuk kategori jenis budaya, budaya lokal adalah yang paling dominan (86 kali/ 44%), diikuti oleh budaya universal (65 kali/32%), sasaran budaya (36 kali, 18%) dan budaya internasional (13 kali/6%). Bedasarkan hasil penelitian dari kategori dimensi budaya dan jenis budaya menunjukan ada beberapa askpek yang kurang bervariasi. Kontent budaya seharusnya semakin diperbanyak dalam materi pembelajaran bahasa Inggris di Indonesia untuk membantu mengembangkan buku teks masa depan yang menyajikan lebih banyak dan lebih baik tentang pemahaman beragam budaya dan bahkan kompetensi komunikasi antar budaya. Kata Kunci: Konten budaya, buku teks bahasa inggris, dimensi budaya, konten analisis. Learning culture has a crucial position in learning English language because learning a certain language means learning a certain culture. Textbook is one of essential tool used in English language teaching used by teachers and students. This study conducted to developing better learning materials, particularly give more awareness of cultural dimension in students’ own country (Indonesia) as well as other countries, so there will be no cultural gap in textbook that lead student lose their own cultural identity. This research focuses on investigating the cultural dimension and categories of cultures that covered in “Bahasa Inggris Kelas XII (Curriculum 2013). In analyzing the data, descriptive content analysis is applied. The data in this study are all of text and visual element in the textbook. The data were collected through document content analysis. Then the data were reduces in different section, table and drawing conclusion. To reveal what cultural dimensions are represented in the textbook, the data are categorized in 4 dimension: product, practice, perspective and person (Moran, 2001). To reveal what cultural categories represented, the data are categorized into 4 type: source culture, target culture, international culture and universal culture. The investigation of this textbook found the dominant in dimension culture is product dimension ( 86 times / 43%) followed by practice dimension ( 46 times / 22%), person dimension ( 40 times / 20 %), and perspective dimension (31 times / 15%). The dominant in cultural categories is Source Culture ( 86 times, 44%), followed by Universal culture (65 times / 32%), Target culture (36 times / 18%) and International Culture (13 times / 6%). Based on the findings, the representation of cultural dimensions and cultural categories shows that there are some aspects of cultural content that lack of representation. Cultural content should be added more to the ELT materials textbook in Indonesia in order to develop future textbook that serve more and better cultural understanding or even intercultural communicative competence.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1. Dr. Sri Sumarni, M.Pd 2. Dr. Darmahusni, M.A |
Subjects: | Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Inggris |
Divisions: | FBS > S1 Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Users 13738 not found. |
Date Deposited: | 03 Mar 2022 12:22 |
Last Modified: | 03 Mar 2022 12:22 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/23205 |
Actions (login required)
View Item |