THEOFILUS ANUGRAH, . (2022) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN QUIZIZZ TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA JERMAN TOPIK SCHULE PADA SISWA SMA NEGERI 31 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (258kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (321kB) | Request a copy |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (344kB) | Request a copy |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (499kB) | Request a copy |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (176kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (375kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran Quizizz terhadap penguasaan kosakata bahasa Jerman topik Schule pada siswa SMA Negeri 31 Jakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain True-Experimental dan pola Pretest-Posttest Control Group Design. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 31 Jakarta pada semester ganjil tahun ajaran 2021/2022. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik analisis uji-t untuk mengetahui perbedaan signifikan dari nilai rata-rata kedua kelas sebelum dan sesudah diberikan perlakuan. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa pada tahap Post-test nilai thitung 2,395 lebih besar daripada nilai ttabel 1,996 (2,395 > 1,996) dengan taraf signifikansi α = 0,05 dan dk 69. Perhitungan tersebut menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan dari nilai rata-rata penguasaan kosakata bahasa Jerman siswa SMA Negeri 31 Jakarta yang belajar menggunakan media pembelajaran Quizizz dengan yang belajar menggunakan media konvensional. Nilai akhir rata – rata kelas eksperimen adalah 93,111 dan kelas kontrol 88,606. Oleh karena itu, maka dapat diketahui bahwa media pembelajaran Quizizz memiliki pengaruh terhadap penguasaan kosakata bahasa Jerman topik Schule pada siswa SMA Negeri 31 Jakarta. Kesimpulan dalam penelitian adalah media pembelajaran Quizizz dapat diterapkan dalam pembelajaran khususnya pada pembelajaran kosakata, melalui latihan soal dalam bentuk permainan pada Quizizz dapat meningkatkan penguasaan kosakata siswa. Pengunaan media pembelajaran Quizizz juga dapat memberikan variasi media pembelajaran dalam kegiatan belajar mengajar. Hal tersebut dapat dibuktikan melalui nilai rata – rata siswa kelas eksperimen yang mengalami peningkatan secara signifikan setelah mempelajari kosakata bahasa Jerman melalui media pembelajaran Quizizz. This study aims to determine the effect of the Quizizz learning media on the mastery of German vocabulary on the Schule topic at SMA Negeri 31 Jakarta. This research is a quantitative study with a True-Experimental design and a Pretest-Posttest Control Group Design pattern. This research was conducted at SMA Negeri 31 Jakarta in the odd semester of the 2021/2022 academic year. Hypothesis testing in this study was carried out using the t-test analysis technique to determine the significant difference from the average value of the two classes before and after being given treatment. The results of the research analysis showed that at the post-test stage the tcount value was 2,395 greater than the ttable value 1,996 (2,395 > 1,996) with a significance level of = 0.05 and dk 69. The calculation shows that there is a significant difference from the average mastery score. German vocabulary of SMA Negeri 31 Jakarta students who learn to use the Quizizz learning media and those who learn to use conventional media. The final average value of the experimental class is 93.111 and the control class is 88.606. Therefore, it can be seen that the Quizizz learning media has an influence on the mastery of German vocabulary on the Schule topic in SMA Negeri 31 Jakarta students. The conclusion in the research is that Quizizz learning media can be applied in learning, especially in vocabulary learning, through practice questions in the form of games on Quizizz can improve students' vocabulary mastery. The use of Quizizz learning media can also provide variations of learning media in teaching and learning activities. This can be proven by the average score of the experimental class students who experienced a significant increase after learning German vocabulary through the Quizizz learning media.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Uryadi, M.Pd. 2). Fauzan Adhima, M.Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Media Pembelajaran Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Jerman |
Divisions: | FBS > S1 Pendidikan Bahasa Jerman |
Depositing User: | Users 13885 not found. |
Date Deposited: | 07 Mar 2022 03:39 |
Last Modified: | 07 Mar 2022 03:39 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/23283 |
Actions (login required)
View Item |