NANCY RIANA, . (2016) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG MELALUI METODE BERMAIN MONOPOLI (Penelitian Tindakan pada Siswa Kelas 1 SDN Palmerah 03 Pagi, Jakarta Barat Tahun 2014). Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
| ![[img]](http://repository.unj.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text BAB I.pdf Download (275kB) | 
| ![[img]](http://repository.unj.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text BAB II.pdf Download (588kB) | 
| ![[img]](http://repository.unj.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text BAB III.pdf Download (387kB) | 
| ![[img]](http://repository.unj.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text BAB IV.pdf Download (2MB) | 
| ![[img]](http://repository.unj.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text BAB V.pdf Download (149kB) | 
| ![[img]](http://repository.unj.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text cover TESIS NANCY.pdf Download (25kB) | 
| ![[img]](http://repository.unj.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text DAFTAR ISI.pdf Download (332kB) | 
| ![[img]](http://repository.unj.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (149kB) | 
| ![[img]](http://repository.unj.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text Riwayat Hidup.pdf Restricted to Repository staff only Download (116kB) | 
| ![[img]](http://repository.unj.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text RPP,CLO,CW,CD.pdf Download (1MB) | 
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berhitung siswa kelas 1 SD melalui metode bermain monopoli. Penelitian ini dilakukan di SDN Palmerah 03 Pagi dari bulan April sampai Juni 2014. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian tindakan model Kemmis dan Taggart melalui 15 kali pertemuan yang terbagi dalam dua siklus. Masing-masing siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian yaitu siswa kelas 1 SDN Palmerah 03 Pagi Jakarta Barat dengan jumlah siswa 16 orang. Data yang dikumpulkan melalui tes, observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui metode bermain monopoli dapat meningkatkan kemampuan berhitung. Data yang diperoleh pada pra siklus sebesar 43,75%. Angka tersebut meningkat menjadi 75% pada akhir siklus satu dan terus meningkat menjadi 81,25% pada akhir siklus kedua. Hasil penelitian ini memiliki implikasi bahwa metode bermain monopoli dapat dipertimbangkan oleh para guru sebagai alternatif memperbaiki kemampuan berhitung siswa kelas 1 SD.
| Item Type: | Thesis (Magister) | 
|---|---|
| Additional Information: | 1). Dr. Fahrurrozi, M.Pd ; 2). Dr. Asep Supena, M.Psi | 
| Subjects: | Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas | 
| Divisions: | PASCASARJANA > S2 Pendidikan Anak Usia Dini | 
| Depositing User: | Users 29 not found. | 
| Date Deposited: | 16 Dec 2019 16:00 | 
| Last Modified: | 19 Sep 2025 08:04 | 
| URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/2342 | 
Actions (login required)
|  | View Item | 
 
        