PODCAST SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KOMUNIKASI BISNIS KELAS X JURUSAN BISNIS DARING DAN PEMASARAN

Fildzah Aqila, . (2022) PODCAST SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KOMUNIKASI BISNIS KELAS X JURUSAN BISNIS DARING DAN PEMASARAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (14MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (565kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (699kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (383kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (429kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (274kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (192kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan podcast sebagai media pembelajaran Komunikasi Bisnis khususnya pada materi Komunikasi Bisnis dalam Bahasa Inggris bagi peserta didik kelas X Jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran di SMKN 16 Jakarta. Penelitian ini menggunakan model pengembangan J Moonen yang mempunyai 5 tahap yaitu tahap analisis, desain, pengembangan, evaluasi dan implementasi. Produk yang dihasilkan pada penelitian ini yaitu podcast audio pembelajaran yang bernama PODBICO yang akan diunggah pada Spotify. Responden yang terlibat dalam tahap evaluasi ini yaitu expert review dan peserta didik kelas X. Pada uji coba expert review oleh ahli materi memperoleh hasil sebesar 4,0 dengan kategori sangat baik dan ahli media memperoleh hasil sebesar 3,43 dengan kategori sangat baik. Hasil uji coba one to one mendapatkan hasil sebesar 3,68 dengan kategori sangat baik dan small group mendapatkan hasil sebesar 3,69 dengan kategori sangat baik. Berdasarkan dari hasil penelitian pengembangan ini menyatakan bahwa podcast business communication sangat baik dan layak digunakan sebagai media dalam pembelajaran Komunikasi Bisnis pada Jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran SMKN 16 Jakarta. This development research aims to produce podcasts as a learning media for Business Communication, especially on Communication Business matter in English for students of class X majoring in Online Business and Marketing at SMKN 16 Jakarta. This research uses the J Moonen development model which has 5 stages, i.e the analysis, design, development, evaluation and implementation stages. The product produced in this research is a learning audio podcast named PODBICO which will be uploaded to Spotify. Respondents involved in this evaluation stage are expert reviewers and students of class X. On the expert review trial by experts matter obtained result 4.0 in very good category and media experts obtained result of 3.43 in very good category. The results of the one to one trial got 3.68 in very good category and the small group got 3.69 in the very good category. Based on the results of this development research stated that the business communication podcast is very good and suitable to be used as a learning media for Business Communication in majoring Online Business and Marketing at SMKN 16 Jakarta.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Cecep Kustandi, M.Pd. 2). Diana Ariani, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIP > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 13254 not found.
Date Deposited: 07 Mar 2022 06:27
Last Modified: 07 Mar 2022 06:27
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/23481

Actions (login required)

View Item View Item