E-MODUL BERBASIS REFUTATION TEXT PADA MATERI SUHU DAN KALOR

APRIYANI, . (2022) E-MODUL BERBASIS REFUTATION TEXT PADA MATERI SUHU DAN KALOR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (622kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (232kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (361kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (267kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (812kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (219kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (169kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan iptek memberikan kemudahan dan tantangan pada bidang pendidikan. Lahirnya e-modul yang merupakan peralihan dari modul cetak menjadi modul elektronik, dan kini pembuatan e-modul pun dapat memanfaatkan website builder. Sehingga e-modul yang dihasilkan dapat di akses kapanpun dan dimanapun menggunakan jaringan internet (online). Selain itu, e-modul dengan bantuan website memiliki keunggulan lain diantaranya: lebih efisien, kemudahan dalam perluasan akses, serta materi bisa diperbaharui dengan mudah. Miskonsepsi atau konsepsi alternatif menjadi salah satu penyebab peserta didik tidak mencapai standar ketuntasan belajar minimal. Miskonsepsi dapat diatasi dengan mengimplementasikan bahan bacaan yang menimbulkan adanya perubahan konseptual. Refutation text efektif membantu peserta didik melakukan perubahan konseptual. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan e-modul berbasis refutation text pada materi suhu dan kalor yang valid. Penelitian ini dilakukan dengan menerapkan metode Penelitian dan Pengembangan (R&D) dengan model penelitian Dick and Carey yang dibatasi sampai tahap revisi produk. Hasil dari penelitian ini berdasarkan rata-rata persentase uji validasi materi sebesar 90%, uji validasi media sebesar 67%, uji validasi pembelajaran sebesar 80% serta uji coba produk kepada pendidik sebesar 89% dan uji coba produk kepada peserta didik sebesar 89%. Dengan nilai rata-rata keseluruhan yang diperoleh sebesar 83%, sehingga e-modul yang dikembangkan dinyatakan layak.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr.rer.nat. Bambang Heru Iswanto, M.Si. ; 2). Lari Andres Sanjaya, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah
Sains > Fisika
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 13382 not found.
Date Deposited: 07 Mar 2022 05:30
Last Modified: 07 Mar 2022 05:30
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/23508

Actions (login required)

View Item View Item